Seluruh Penerbangan Dipindah Ke YIA, Bandara Adisutjipto Layani Pesawat ATR

Chandra Iswinarno
Seluruh Penerbangan Dipindah Ke YIA, Bandara Adisutjipto Layani Pesawat ATR
Suasana Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Jumat (19/4). [Dokumentasi Dephub]

Khusus untuk penerbangan internasional, pemindahan ke bandara baru tersebut rencananya akan dilaksanakan pada bulan april 2020.

Suara.com - Seluruh penerbangan domestik dan internasional yang biasanya dilayani di Bandara Internasional Adisutjipto akan dipindahkan ke Yogyakarta International Airport (YIA) mulai awal tahun 2020 mendatang.

Khusus untuk penerbangan internasional, pemindahan ke bandara baru tersebut rencananya akan dilaksanakan pada bulan april 2020.

General Manager PT Angkasa Pura 1 Bandara Internasional Adisucipto Agus Pandu Purnama mengemukakan, Bandara Internasional Adisutjipto masih akan digunakan sebagai penerbangan sipil pun militer.

Selain kembali berfungsi sebagai bandara militer, Bandara Adisutjipto tetap melayani penerbangan komersial untuk pesawat-pesawat berbadan kecil berjenis ATR.

"Jadi kita akan perbanyak maskapai yang menggunakan pesawat ATR dan mungkin juga jet-jet pribadi,"tutur Pandu, Senin (21/10/2019).

Menurutnya, pesawat-pesawat berbadan kecil ini memang untuk mengakomodasi penerbangan dari bandara-bandara kecil yang ada di beberapa kota. Sehingga nanti, akan ada penerbangan langsung ke bandara seperti di Banyuwangi, Jember, Malang, Cilacap, Cirebon, Bandung ataupun juga Tanggerang Selatan.

Nantinya diharapkan bakal banyak alternatif moda transportasi yang bisa dimanfaatkan oleh warga dari kota-kota kecil tersebut. Selama ini, untuk menuju ke Yogyakarta transportasi dari kota-kota kecil tersebut lebih banyak dilayani oleh moda transportasi darat.

"Jadi bandara Adisutjipto akan melayani penerbangan sesuai kapasitasnya dua juta penumpang pertahun. Sekarang kan sudah mencapai 8,2 juta penumpang pertahun," katanya.

Lebih jauh, Pandu memastikan YIA akan siap beroperasi penuh di awal 2020. Berbagai fasilitas modern akan ada di bandara baru Yogyakarta ini. Bahkan, rencananya akan ada dua hotel berbintang masing-masing di bandara dan satunya di kawasan Aerocity milik Angkasa Pura I.

Kontributor : Julianto

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS