Eleonora PEW
Fans pebalap Italia Valentino Rossi bersorak dari tribun selama balapan MotoGP Grand Prix Valencia di arena pacuan kuda Ricardo Tormo di Cheste, pada 14 November 2021. JOSE JORDAN / AFP

SuaraJogja.id - Valentino Rossi telah resmi pensiun dari MotoGP. Sang pembalap kawakan berhenti setelah melakoni balapan pamungkas di MotoGP Valencia 2021.

Sayangnya, di balapan terakhir, Valentino Rossi gagal meraih gelar juara. Dia mesti merelakan podium untuk sang anak didik di Akademi VR46, Francesco Bagnaia.

The Doctor--sapaan Valentino Rossi--merampungkan penampilan terakhirnya di posisi ke-10 di Grand Prix Valencia. Dia mengaku tak puas dengan hasil ini.

Pembalap yang memiliki sembilan gelar juara dunia di tiga kategori dan menutup kariernya setelah 26 tahun berjibaku di sirkuit. MotoGP Valencia 2021 menjadi balapan ke-432 baginya sejak debut pada 1996.

Baca Juga: Deretan Fakta di Balik Keputusan Pensiun Valentino Rossi di MotoGP

"Saya termotivasi dan fokus seperti halnya bertarung untuk kejuaraan karena balapan terakhir adalah balapan terakhir, ini sangat penting," ujarnya seperti disadur dari AFP, Senin (15/11/2021).

"Ini tidak mudah karena banyak sekali tekanan tapi saya mampu masuk sepuluh besar jadi itu berarti saya mengakhiri karier saya yang panjang di antara pembalap top 10 di dunia," kelakar The Doctor.

Pembalap berusia 42 tahun iyu menyesal karena gagal melengkapi kariernya dengan titel kesepuluh.

"Mungkin apabila saya lebih berusaha keras di tahun-tahun pertama dalam karier saya seperti halnya di 10 (tahun terakhir), saya bisa memenangi lebih banyak balapan," kata Rossi sambil tertawa.

"Tapi tidak jadi masalah sedikit bebal ketika Anda masih muda. Kita belajar dengan pengalaman," imbuhnya.

Baca Juga: Valentino Rossi Masuk Hall of Fame MotoGP

Ribuan bendera dengan inisial dan angka balap Rossi VR46 dikibarkan di sepanjang sirkuit Ricardo Tormo untuk memberi salam perpisahan kepada pembalap tersukses di MotoGP itu.

Komentar