Galih Priatmojo
Potret Bilqis Anak Ayu Ting Ting Berhijab. (Instagram/ayutingting92)

SuaraJogja.id - Putri Ayu Ting Ting yakni Bilqis Khumaira Razak telah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan secara penuh sejak tiga tahun terakhir. Hal itu seperti diungkap oleh Ayah Rozak.

Walaupun usianya masih belia, Bilqis Khumairah Razak diungkapkan ayah Rozak sudah rajin menjalani ibadah puasa Ramadhan. Bahkan, Bilqis tak tergoda dengan hal-hal yang membatalkan puasa meski menjalani banyak kegiatan sehari-hari.

Potret Bilqis Anak Ayu Ting Ting Berhijab. (Instagram/ayutingting92)

 "Alhamdulillah sudah tahun ketiga dia selalu puasa full sampai buka maghrib. Walaupun dia kegiatannya banyak, sekolah ya Alhamdulillah enggak kegoda," kata ayah Rozak seperti dikutip dari Hops.id, Minggu (17/4/2022).

Memang sejak kecil, Ayu Ting Ting sudah mendidik Bilqis untuk paham akan agama yang dianutnya. Tak hanya Ayu, ayah Rozak dan Umi Kalsum selaku kakek dan nenek Bilqis juga mengajari cucunya ibadah.

Baca Juga: Bye-Bye Gang Sempit, Ini 7 Potret Calon Rumah Baru Ayu Ting Ting yang Mewah Tanpa Sekat

"Karena kan memang sudah dibiasakan sama bundanya, sama kita-kita juga dididiknya harus benar-benar agamanya. Dari umur tujuh tahun dia puasa," tuturnya.

Tapi, Bilqis tak langsung jalani ibadah puasa sampai maghrib. Orang tuanya secara perlahan mengajari bagaimana Bilqis bisa kuat menahan lapar dan dahaga sampai waktu maghrib tiba.

Sikap Bilqis itu pun membuat ayah Rozak bersyukur. Hal tersebut lantaran cucunya mengikuti jejak Ayu Ting Ting yang tak susah diatur akan urusan agama.

"Bersyukur punya cucu yang mau diatur, diarahin sama ayah sama ibu sama bundanya. Jadi ngikutin jejak bundanya banget karena memang dari dini kan harus dididiknya, untuk agama apalagi penting banget," ungkap ayah Rozak.

Tak hanya puasa, Bilqis Khumaira Razak juga rajin mengaji dan menghapal doa-doa dalam Islam.

Baca Juga: Marah Dituding Tak Ramah ke Seleb TikTok Dhila JM, Ayu Ting Ting: Jangan Lihat Orang dari Luar

"Les ngaji, Alhamdulillah doa-doa juga bisa," tambahnya.

"Kita awalnya juga enggak maksain banget, ayah bilang awal pertama dulu pas mau puasa buka zuhur dulu, lama kelamaan dia kuat ya sudah kita nerusin saja," ujarnya.

Ayu Ting Ting Beliin kado

Ayu Ting Ting sendiri memiliki cara untuk mengapresiasi usaha Bilqis yang sudah sebulan penuh menjalani ibadah puasa. Di akhir bulan Ramadhan, pelantun Alamat Palsu itu biasanya memberikan hadiah kepada Bilqis berupa kado atau liburan ke suatu tempat.

"Bundanya gitu, kalau Bilqis rajin puasa suka dijanjiin beli apa, mau ke mana. Kalau sekarang 'nanti kita jalan-jalan'," ujarnya.

Anak Artis Pakai Batik. (Instagram/@ayutingting92)

Tapi untuk tahun ini, keluarga Ayu Ting Ting belum merencanakan ke mana mereka akan berlibur. Yang terpenting bagi Rozak adalah kumpul bersama keluarga di hari raya.

"Jalan-jalan mungkin nanti setelah hari raya saja baru kita pikirkan. Yang penting kumpul keluarga dulu saja ya, terutama silaturahminya apalagi Ayu jarang banget ketemu keluarga dari ayah dari pihak ibu karena kan sibuk banget," pungkas Rozak, ayah Ayu Ting Ting. 

Komentar