SuaraJogja.id - Selalu ada yang pertama untuk segalanya, termasuk first date dengan orang yang baru dikenal. Kencan pertama sering kali membuat seseorang memiliki banyak kekhawatiran hingga berujung grogi luar biasa.
Kekhawatiran berlebihan biasanya bikin seseorang melewatkan hal-hal menyenangkan dan mendebarkan saat first date.
"First date memang penuh ketidakpastian, tapi hal tersebut nggak harus menghalangi kita bertemu dengan orang baru. Ingat, kita juga punya kendali atas pertemuan tersebut," ungkap Inez Kristanti, Pakar Psikologi Klinis dan Hubungan, dikutip dari siaran pers Tinder, Rabu (20/9/2023).
"Mengkomunikasikan apa yang jadi preferensi dan ekspektasi kita di depan sebelum ketemuan dapat membantu pengalaman first date jadi lebih natural dan santai," katanya kemudian.
Memang tidak ada aturan khusus dalam berkencan, tapi kamu bisa lebih luwes bersikap saat mampu menangani berbagai situasi dengan mindset berikut.
Latih kesadaran diri atau self-awareness
Kesadaran diri atau self-awareness membantu kita menetapkan batasan (boundaries) dan persetujuan (consent) dalam berkencan.
"Contohnya, kita paham apa yang bikin kita nggak nyaman dan kita nggak merasa bersalah saat menyampaikan hal tersebut ke match kita. Namun, sikap terbuka dan mudah beradaptasi juga tetap dibutuhkan, karena kita akan bertemu dengan berbagai individu lewat dating apps yang mungkin belum pernah kita temui sebelumnya," terang Inez.
Percayakan instingmu
Baca Juga: 10 Cara Menarik Perhatian Gebetan, Luluhkan Hatinya dengan Pujian Tulus dan Emoji Gemas
Setiap kali kamu merasa tidak yakin, perhatikan perasaan tersebut. Terkadang para pelaku love scam mencoba mendapatkan simpati kamu demi keuntungan pribadinya, seperti uang, informasi pribadi, dan tujuan seksual. Jadi, jangan mengabaikan firasatmu.
Bersikap asertif
Insiden tidak menyenangkan seringkali terjadi saat kita tak dapat mengkomunikasikan batasan diri, biasanya karena khawatir terhadap penilaian orang lain. Padahal, sah-sah saja menentukan aturan bersama sebelum bertemu.
Misalnya, teman kencanmu mungkin mengajak foto bareng untuk diunggah di media sosial. Jika kamu tak nyaman akan hal ini, kamu bisa bilang, "It's okay kalau foto bareng, tapi tolong jangan upload di sosmed ya, karena aku kurang nyaman dan menjaga privasi."
Aku yang bayar, kamu, atau split bills?
Setiap orang punya latar belakang masing-masing yang bisa jadi sangat memengaruhi gaya hidupnya. Hal itu juga mungkin berpengaruh pada preferensi soal pilihan tempat dan ide nge-date.
Berita Terkait
Terpopuler
- Profil dan Pekerjaan Jhon LBF, Siap Bantu Ruben Onsu Bayar Kerugian Rp3,5 M
- 3 Shio yang Menarik Keberuntungan Sepanjang September 2026, Hoki Sebulan Penuh
- Cara Membersihkan Bunga Es Tanpa Mematikan Kulkas, Aman dan Mudah Dilakukan
- 4 Tips Merebus Telur agar Mudah Dikupas, Hasil Mulus Sempurna
- 3 HP Infinix Mirip iPhone 17 Pro Max, Tampil Mewah ala Flagship
Pilihan
-
Terbuang dari Klub Orang Indonesia, Emil Audero Selangkah Lagi ke Rayo Vallecano
-
Sempat Serukan Serang Hercules! Admin Akun Pemukiman Setan Ditangkap Polisi karena Molotov
-
Pidato Pertama Sebagai Ketua Umum PBNU, Gus Kikin Berseloroh: Baru Dua Jam Saja
-
Jalani Ritual di Danau Sunter, WNA Aljazair Dievakuasi Setelah Dirayu 3 Jam
-
Diseret dari Gang ke Jalan! Kronologi Pedagang Cermin Tewas Dikeroyok Saat Demo Ricuh
Terkini
-
Tanah Rp2 Miliar Dilelang Cuma Rp420 Juta, Warga Kulon Progo Gugat BUMN Lembaga Pinjaman
-
Ormas Terlibat Kekerasan, Muhammadiyah Desak Polisi Tak Tebang Pilih
-
17 Persen Penerima PKH di DIY Terindikasi Judol, Dinsos Tangguhkan Bansos
-
Soroti UU Konservasi dan RUU Masyarakat Adat, Forum PCS 2026 Digelar di UGM
-
Konservasi Indonesia Dinilai Masih Negara-Sentris, PCS 2026 Dorong Perubahan Paradigma