Jokowi Beri Target Dapat 70 Persen Suara Pemilih di Yogyakarta

Reza Gunadha | Ummi Hadyah Saleh
Jokowi Beri Target Dapat 70 Persen Suara Pemilih di Yogyakarta
Calon Presiden petahana Joko Widodo (tengah) bersama istri Iriana Joko Widodo (kanan) bersepeda onthel menuju lokasi Deklarasi Alumni Jogja Satukan Indonesia di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Sabtu (23/3). [ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari]

"Saya tidak ingin memberikan target gede-gede. Catatan saya, di 2014 kita hanya dapat 50 (persen)," ucap dia.

Suara.com - Capres nomor urut 1 Jokowi menargetkan meraup 70 persen suara pemilih di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta saat hari pencoblosan Pilpres 2019, 17 April mendatang.

Optimisme Jokowi itu diungakpannya saat berpidato di hadapan ribuan pendukung yang tergabung dalam Alumni Jogja Satukan Indonesia, di Lapangan Stadion Kridosono, Yogyakarta, Sabtu (23/3/2019).

"Kita harus dapat di atas 70 persen, sanggup bapak ibu? Saya kalau memberi angka realistis lewat kalkulasi-kalkulasi, lewat perhitungan-perhitungan," ujar Jokowi dalam pidatonya.

Sebelum menargetkan perolehan suara kepada para pendukungnya, Jokowi terlebih dahulu menanyakan kesanggupan pendukungnya di Yogyakarta maupun  Jawa Tengah.

"Pertanyaan saya sekarang, di provinsi Yogyakarta ini mau berapa persen? Ada yang ngomong 80 persen? awas kalau enggak! Benar, 90? awas kalau enggak dapat 90 persen," kata Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu mengakui tak ingin menargetkan perolehan suara Jokowi - Maruf pada angka tinggi.

Pasalnya, kata Jokowi, pada Pilpres 2014, dirinya hanya mendapat perolehan 50 persen suara di Kota Yogyakarta.

"Saya tidak ingin memberikan target gede-gede. Catatan saya, di 2014 kita hanya dapat 50 (persen)," ucap dia.

Untuk mendapatkan perolehan 70 persen suara di Yogyakarta, ia meminta para pendukungnya untuk bekerja keras mengajak kerabat, teman untuk mendatangi TPS menggunakan hak suaranya pada 17 April 2019 .

"Tapi ini perlu kerja keras, waktu 24 hari kita ajak saudara,  keluarga, tetangga, di Yogya sekampung berbondong-bondong untuk datang ke TPS tgl 17 april 2019, siap? siap?” pintanya.

Acara deklarasi tersebut dihadiri alumni Universitas Gajah Mada yang juga menjabat sebagai menteri, yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Kemudian hadir pula hadir seniman Slamet Rahardjo, Andy F Noya, Djaduk Ferianto, Yenny Wahid, dan anggota Dewan Pengarah TKN Jokowi – Maruf, Pramono Anung.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS