Banyak Respons, Rektor UNY Bakal Wujudkan Konser Raisa Dibayar IPK

Agung Sandy Lesmana
Banyak Respons, Rektor UNY Bakal Wujudkan Konser Raisa Dibayar IPK
Percakapan rektor UNY dan mahasiswanya. (Instagram/@sutrisna.wibawa)

"Saya hanya bagaimana memeriahkan dies natalis, meng-explore usulan mahasiswa. Iseng-iseng aja," kata Sutrisna kepada Suara.com, Jumat (29/3/2019).

Suara.com - Nama Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sutrisna Wibawa mendadak viral setelah ia mengunggah percakapan elektronik alias chat bersama salah satu mahasiswi. Menurutnya, hal itu merupakan salah satu bentuk usahanya untuk memeriahkan acara Dies Natalis UNY ke-55.

"Saya hanya bagaimana memeriahkan dies natalis, meng-explore usulan mahasiswa. Iseng-iseng aja," kata Sutrisna kepada Suara.com, Jumat (29/3/2019).

Diketahui, setelah mengunggah tangkapan layar terkait percakapannya dengan seorang mahasiswi terkait konser musik untuk Dies Natalies UMY. Seorang mahasiswi berakun @clara_stra mempertanyakan apakah ada niat rektorat untuk mengundang sejumlah band dan penyanyi terkenal seperti Raisa, Tulus, RAN, Maliq n Deessential, Raisa, atau Sheila on 7.

Menurut Sutrisna, hal itu awalnya merupakan guyonan semata. Ia ingin mendorong agar interaksi rektor dengan mahasiswa tidak terlalu kaku atau serius.

"Kalau banyak yang ngikuti medsos saya kan banyak candanya kan? Ya ada yang serius ada. Tergantung situasinya seperti apa. Kalau dengan mahasiswa biasanya agak canda-canda," ujar dia.

Adapun ide untuk membuat menukar tiket dengan menunjukkan index prestasi kumulatif (IPK) merupakan bentuk improvisasi semata. Ia ingin cara tersebut dapat meningkatkan semangat belajar mahasiswa untuk mencapai IPK tinggi.

"IP itu kan salah satu indikator prestasi. Jadi nggak perlu bayar tapi IP-nya tinggi sudah cukup," kata Sutrisna.

Sutrisna tak mengira unggahan tersebut akan mendapatkan banyak respons dari warganet. Setelah viral, banyak yang mengusulkan ide-idenya untuk perayaan Dies Natalis UNY ke-55. Usulan paling banyak menyatakan ingin dibuat acara selawatan di kampus tersebut.

Melihat banyaknya respons dari warganet, Sutrisna pun mau tak mau memutar otak untuk mewujudkan impian para mahasiswa tersebut. Ia mengatakan, acara UNY Berselawat kemungkinan akan diintegrasikan dengan kegiatan Ramadan. Ia juga terus mendorong pihak-pihak yang ingin bekerja sama untuk mewujudkan konser musik berbayar IPK.

"Kalau mau bantu silakan," ujar dia.

Sementara, pihak kampus telah menyiapkan sejumlah acara sebagai rangkaian perayaan Dies Natalies UNY ke-55. Acara puncak akan digelar dalam bentuk upacara pada 21 Mei 2019. Selain itu, terdapat beberapa kegiatan seni, misalnya festival Jathilan, festival dalang cilik, dan pagelaran wayang dengan dalang Ki Anom Suroto.

Kegiatan olahraga diselenggarakan dalam bentuk senam bersama pada 3 Mei 2019 dan sepeda sehat. UNY juga akan mengatakan kegiatan bertema akademik, misalnya seminar nasional pendidikan dan penerbitan buku '55 Tahun UNY: Inovasi Pendidikan untuk Indonesia'.

"Ini konsernya lagi dicarikan siapa yang mau konser," kata dia.

Kontributor : Sri Handayani

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS