Software Untuk Menghitung Aliran Migas Diperkenalkan Pertamina di UGM

Chandra Iswinarno
Software Untuk Menghitung Aliran Migas Diperkenalkan Pertamina di UGM
Pertamina perkenalkan PertafloSIM di UGM. PertafloSIM merupakan software untuk menghitung aliran minyak dan gas (migas) dalam pipa dari dasar hingga titik jual. [Suara.com/Rahmad Ali]

PertafloSIM merupakan Software hasil inovasi para teknisi perminyakan Pertamina bersama dengan Research Consortium OPPINET Institut Teknologi Bandung (ITB).

Suara.com - Dirancang dalam waktu hampir 20 tahun, PertafloSIM besutan PT Pertamina (Persero) diperkenalkan kepada 19 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia. Salah satunya kepada Universitas Gadjah Mada (UGM) pada acara PertafloSIM Goes To Campus, di UGM Yogyakarta Rabu (19/6/2019)

PertafloSIM merupakan Software hasil inovasi para teknisi perminyakan Pertamina bersama dengan Research Consortium OPPINET Institut Teknologi Bandung (ITB), untuk menghitung aliran minyak dan gas (migas) dalam pipa sejak dari dasar sumur hingga ke permukaan dan titik jual (sales point).

"Hasil karya anak bangsa ini diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan bagi para akademisi dan mahasiswa, sehingga akan terus menghasilkan inovasi yang berkelanjutan, dalam pengembangan teknologi migas di Indonesia," kata SVP Research and Technology Center Pertamina Dadi Sugiana, Rabu (19/6/2019)

Tantangan di dunia perminyakan menurut Dadi, dalam instalasi peralatan produksi yang ada di tanah air untuk eksplorasi promosi 60 sampai 70% isinya adalah pipa baru yang membutuhkan investasi yang cukup besar. Pipa-pipa tersebut digunakan untuk penyaluran produk ke kapal kemudian ke konsumen.

Resiko investasi di bidang perminyakan akan mampu diminimalisir dengan perhitungan sangat baik jika menggunakan simulasi yang memang sudah tervalidasi. Jadi perhitungan akademis kemudian divalidasi dengan berbagai kasus di lapangan.

"Keunggulan dalam aplikasi ini tidak hanya memperhitungkan dengan kritis tetapi telah divalidasi. Dengan kasus-kasus nyata yang ada di keseharian kita sehingga perhitungan ukuran pipa casing maupun pressure drop yang muncul rezim aliran Viva single Face to Face cream MS Glow dan macam-macam lainnya itu teridentifikasi dengan baik," paparnya.

Software ini merupakan kolaborasi antara para engineer Pertamina dengan para matematikawan. Kolaborasi yang baik ini ternyata bisa menghasilkan software yang yang setara dengan software komersial yang saat ini dipasarkan di dunia industri

"Kalau kita beli software dari luar harganya mahal kalau ini kita berikan gratis kepada civitas akademi di Indonesia," tambah Dadi

Dadi melanjutkan, PertafloSIM sangat cocok diperuntukkan kepada para akademisi dan mahasiswa di berbagai perguruan tinggi yang tengah menggeluti teknologi migas di Indonesia.

"Sehingga akan memudahkan dalam proses penelitian dan pengembangan kajiannya," tutupnya.

Kontributor : Rahmad Ali

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS