RSUD Sleman Siap Urunan Dana Pengobatan Pekerja Proyek yang Teritmbun Puing

Chandra Iswinarno
RSUD Sleman Siap Urunan Dana Pengobatan Pekerja Proyek yang Teritmbun Puing
Plt Direktur Utama RSUD Sleman Joko Hastaryo. [Suara.com/Uli Febriarni]

Urunan akan dilakukan dengan catatan, jika para pekerja yang mengalami kecelakaan tersebut belum terlindungi santunan BPJS Ketenagakerjaan.

Suara.com - Peristiwa ambrolnya talut yang berada di sebelah timur RSUD Sleman hingga membuat dua pekerjanya tertimbun puing membuat pihak rumah sakit mengambil inisiatif urunan untuk membiayai pekerja proyek tersebut.

Plt Direktur Utama RSUD Sleman Joko Hastaryo mengatakan pihaknya akan urunan membiayai pengobatan pekerja talut yang mengalami kecelakaan kerja pada Rabu (9/10/2019).

Meski begitu, urunan akan dilakukan dengan catatan, jika para pekerja yang mengalami kecelakaan tersebut belum terlindungi santunan BPJS Ketenagakerjaan.

"Jadi kemanusiaan itu begini, artinya kalau dia [korban kecelakaan kerja] ternyata belum ada penjaminan, kami akan bantu pengurusan penjaminan. Kalau tidak ya nanti kami urunan," ujarnya, Rabu (9/10/2019).

Hanya saja, ia menegaskan, perihal pertanggungjawaban pembiayaan penanganan dan pengobatan pekerja proyek, untuk kali pertama tetap menjadi tanggung jawab kontraktor. Sebagai pihak yang mempekerjakan langsung para tenaga proyek talut sepanjang tujuh meter itu.

"Tadi kami sudah berkomunikasi dengan pihak kontraktor mengenai status kepesertaan jaminan para pekerja proyek, mereka masih proses koordinasi," ungkapnya.

Saat ini, korban runtuhan proyek talut masih ditangani di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS setempat. Diketahui, ada luka terbuka di telapak kaki kiri korban atas nama Santosa. Sedangkan kondisi korban atas nama Suradal sudah lebih baik.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan DIY Ainul Kholid menyebut, pihaknya akan melihat status kepesertaan korban kecelakaan kerja talut, sebelum memutuskan pendistribusian jaminan kecelakaan kerja.

"Kalau memang sudah terkover BPJS Ketenagakerjaan, mereka diberi santunan sampai korban dinyatakan sembuh," paparnya, ditemui di lobi RSUD Sleman.

Sebelumnya diberitakan, dua orang pekerja penguatan talut, di sebelah timur RSUD Sleman, tertimbun reruntuhan proyek pada Rabu sekitar pukul 10.16 WIB. Beruntung, keduanya berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

Kontributor : Uli Febriarni

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS