Puluhan Pohon Tumbang di DIY Akibat Hujan Disertai Angin Kencang

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Puluhan Pohon Tumbang di DIY Akibat Hujan Disertai Angin Kencang
Pohon tumbang dan pal listrik roboh di DIY, Jumat (3/1/2020). - (dok TRC BPBD DIY)

Berdasarkan laporan TRC BPBD DIY, pohon tumbang paling banyak terjadi di Kabupaten Kulon Progo.

SuaraJogja.id - Seluruh kabupaten dan kota di DIY mengalami kejadian pohon tumbang, Jumat (3/1/2020), akibat hujan disertai angin kencang. Cuaca ini sudah diperkirakan BMKG DIY terjadi sejak siang sekitar pukul 14.45 WIB hingga 16.30 WIB.

Menurut prakiraan cuaca tersebut, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ini hanya terjadi di sebagian wilayah di Kabupaten Sleman dan Kulon Progo.

Kendati demikian, hujan meluas hingga ke kabupaten yang lain -- Gunungkidul dan Bantul -- dan Kota Yogyakarta.

Berdasarkan laporan TRC BPBD DIY, pohon tumbang paling banyak terjadi di Kecamatan Pengasih, Sentolo, dan Temon, Kulon Progo. Tercatat sebanyak 10 pohon tumbang dan satu dahan pohon patah di daerah tersebut.

Bahkan, rumah sejumlah rumah warga ikut rusak tertimpa pohon, begitu juga kabel PLN di Sendangsari, Pengasih. Kabel lampu penerangan jalan milik Dishub di Tunjungan, Pengasih juga putus.

Seorang warga Glagah, Temon, Harso Sumitro (71), sampai menderita kerugian berkisar Rp5 juta karena kerusakan yang cukup parah pada rumahnya yang tertimpa pohon.

Sementara itu, di Sleman terdapat delapan pohon yang tumbang dan satu pohon patah. Kecamatan yang terdampak antara lain Minggir, Godean, Triharjo, Moyudan, dan Gamping.

Jaringan listrik di Jomboran, Sendangagung, Minggir tertimpa pohon dan dua pal listrik di Sembuh Wetan, Sidokarto, Godean roboh karena jaringan juga tertimpa pohon, begitu juga jaringan listrik dan telepon di Ngangkrik, Triharjo. Rumah sejumlah warga juga rusak tertimpa pohon.

Di Gunungkidul, terdapat empat ohon yang tumbang dan menimpa rumah warga dan satu kandang puyuh roboh. Sementara, di Gunungkidul tiga pohon tubah dan menimpa atap rumah warga serta jaringan listrik. Di Kota Jogja, satu pohon waru patah menimpa jaringan listrik dan telepon di Ngampilan, tepatnya di depan MA Muhammadiyah Yogyakarta.

Sebagian bencana pohon tumbang ini telah ditangani oleh petugas gabungan dari TRC BPBD Sleman, Kulon Progo, Bantul, Jogja, dan DIY, PLN, kepolisian, PMI, SAR warga, dan sebagainya.

"Penangan penormalan jaringan pasca-hujan lebat disertai angin dengan banyaknya pohon tumbang menimpa jaringan dilakukan secara bertahap," ungkap PLN Jogja.

"Kami sampaikan permohonan maaf jika layanan pasokan listrik ke tempat pelanggan terganggu. Petugas berupaya secepatnya dapat menyala," imbuhnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS