Foto di Gedung Agung Jogja, Baju Menparekraf Wishnutama Jadi Pertanyaan

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Foto di Gedung Agung Jogja, Baju Menparekraf Wishnutama Jadi Pertanyaan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio tiba di gedung KPK untuk menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di Jakarta, Kamis (9/1). [Suara.com/Alfian Winanto]

Selain penampakan Gedung Agung, warganet rupanya juga memperhatikan pakaian Wishnutama.

SuaraJogja.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama baru saja mengunjungi Yogyakarta bersama sejumlah menteri lainnya untuk mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan underpass Yogyakarta International Airport (YIA), Jumat (31/1/2020). Ia pun tak melewatkan kesempatan untuk berfoto di dalam Istana Kepresidenan Yogyakarta alias Gedung Agung.

Foto tersebut lantas ia unggah di akun resmi Instagram-nya. Di foto itu, Wishnutama tak sendirian. Ia berdiri di samping Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno.

"Bergaya sejenak bersama Mensesneg Pak Pratikno di Istana Kepresidenan Gedung Agung," tulis @wishnutama.

Keduanya sama-sama berpose memasukkan kedua tangan di saku celana sembari tersenyum di depan kamera. Di belakang mereka terlihat foto Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin yang terpasang di dinding, diapit dua Bendera Merah Putih.

Di foto tersebut tampak pula dekorasi karpet merah bermotif kuning, kursi krem-emas, gorden merah tua, hingga lampu gantung putih Gedung Agung, yang membuat interior bangunan ini makin megah.

Selain penampakan Gedung Agung, warganet rupanya juga memperhatikan pakaian Wishnutama. Berbeda dari Pratikno, yang memakai kemeja putih dan celana hitam, Wishnutama tampil lebih santai dengan kaus hitam berkerah dan celana krem.

Warganet terkesan dengan gaya kasual sang menteri, tetapi ada juga yang mempertanyakannya lantaran mengira di Gedung Agung harus selalu memakai kemeja.

Menparekraf Wishnutama dan Mensesneg Pratikno di Istana Kepresidenan Yogyakarta alias Gedung Agung - (Instagram/@wishnutama)
Menparekraf Wishnutama dan Mensesneg Pratikno di Istana Kepresidenan Yogyakarta alias Gedung Agung - (Instagram/@wishnutama)

"Style casual gue banget wkwk," komentar @rgeelank.

"Bang @wishnutama jujur nanya, dari dulu ada enggak sih yang pakaiannya senyantai ini di istana negara?" tanya @ismardisalo.

"Komandan boleh pakai kaos ke dalam istana," tulis @bebek_goreng_cing.

"Sekarang boleh pakai baju casual ya Pak?" tambah @bebasriba77.

Jawaban dari pertanyaan para warganet ini rupanya sudah ada di highlight "Yuk ke Istana" akun @istanakepresidenanyogyakarta. Highlight tersebut berisi penjelasan tata cara mengunjungi Gedung Agung, yang dibuka gratis untuk umum setiap Senin sampai Jumat pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Aturan berpakaian di Istana Kepresidenan Yogyakarta alias Gedung Agung - (Instagram/@istanakepresidenanyogyakarta)
Aturan berpakaian di Istana Kepresidenan Yogyakarta alias Gedung Agung - (Instagram/@istanakepresidenanyogyakarta)

Menurut keterangan yang sudah tertulis di situ, pengunjung diminta berpakaian sopan dan rapi di kala mengunjungi Istana Presiden yang pintu gerbang utaranya beralamat di Jalan Reksobayan No 1, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta itu.

Meski begitu, seperti Wishnutama, pengunjung tak dilarang untuk memakai kaus, tetapi dengan satu syarat.

"Kaus? Boleh saja, tetapi berkerah," ungkap @istanakepresidenanyogyakarta.

Selain itu, aturan berpakaian lain di Gedung Agung yakni, pengunjung harus memakai celana di bawah lutut dan tidak boleh celana pendek. Alas kaki yang diperkenankan juga hanya sepatu.

"Sendal jepit? No.. no.. no.." tulis sang admin.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS