Jumatan di Masjid Agung Sleman, Jokowi Bagi-bagi Kaus

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora
Jumatan di Masjid Agung Sleman, Jokowi Bagi-bagi Kaus
Jokowi melayani foto bersama warga seusai melaksanakan ibadah shalat jumat di Masjid Agung Sleman, Jumat (14/2/2020). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

Jokowi sebelumnya melepasliarkan sejumlah elang Jawa di Taman Nasional Gunung Merapi, Magelang.

SuaraJogja.id - Usai melakoni kunjungan kerja dari Taman Nasional Gunung Merapi, Magelang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan sholat Jumat di Masjid Agung Sleman, Jumat (14/2/2020). Setelah selesai beribadah orang nomor satu di Indonesia ini tak lupa membagi-bagikan kaos kepada jamaah yang datang.

Jokowi nampak memasuki area masjid sekitar pukul 11.20 wib dari sisi Utara masjid Agung dr Wahidin Soedirohoesodo, Sleman. Mantan Walikota Solo tersebut langsung menuju tempat wudhu.

Kedatangnya pun disambut antusias warga. Setelah Jokowi berada di dalam kompleks masjid, beberapa warga berkumpul di luar masjid. Bagi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah harus melalui pemeriksaan dari Paspamres di pintu masuk bagian selatan.

Beberapa warga juga sengaja masuk ke sisi utara masjid untuk mendokumentasikan presiden. Lantaran mendapat penjagaan khusus dari Paspamres, sejumlah warga diarahkan untuk segera masuk ke dalam masjid.

Ayah dari bakal calon Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka tersebut terlihat mengenakan pakaian atasan putih peci hitam dan celana hitam. Tak hanya sendiri, Jokowi juga ditemani Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono serta Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

Usai berwudhu, Jokowi langsung berjalan ke dalam masjid dan duduk di shaf paling depan Masjid Agung.

Takmir masjid Agung Sleman, Agaerul menerangkan pihaknya hanya melakukan pembersihan masjid sebelum Jokowi datang. Tidak ada persiapan khusus sebelum pihaknya datang.

"Hanya bersih-bersih di dalam dan luar masjid. Kemarin saja baru dikabari jika beliau mau datang. Paspampres baru memasang body scaner tadi pagi," jelas dia.

Agaerul menerangkan imam sholat Jumat dipimpin oleh Ustad Syafiq Al-Hafidz. Sementara Khotib diisi oleh Agung Budianto yang juga sebagai Wakil Dekan 1 Fakultas Kedokteran Hewan UGM.

"Sebelumnya jadwal sudah ada Khotib dan imam yang juga sudah ditunjuk sebelum presiden datang. Jadi semuanya sudah dipersiapkan, karena presiden yang datang, jadi agak ramai tadi," ungkap agaerul.

Seusai sholat Jumat, kakek dari Jan Ethes ini menyapa para jamaah di dalam masjid. Tak sedikit warga yang meminta berswafoto dengan Jokowi.

Sesampai di luar masjid, Jokowi membagikan sejumlah kaos berwarna hitam kepada warga yang telah berkumpul. Hal tersebut menambah antusias warga bahkan sejumlah warga sengaja mendekat ke mobil presiden.

Salah seorang warga yang menerima kaos, Pandu Rahmadi (27) tak menyangka bisa bertemu Jokowi di masjid Agung Sleman.

"Saat sholat di masjid ini saya bingung kenapa ramai sekali. Setelah bertanya-tanya ternyata presiden sholat di sini. Akhirnya saya menunggu beliau sampai keluar untuk meminta swafoto. Tapi karena sulit saya urungkan niat itu. Tapi saat pak Jokowi membagikan kaos, saya malah dapat," ungkap Pandu dengan nada bahagia.

Dari informasi yang didapatkan wartawan, rencana Jokowi bertolak ke Wanagama Gunungkidul dibatalkan. Rencananya usai melaksanakan sholat Jumat berjamaah, kakek dari Jan Ethes ini langsung berangkat ke Solo.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS