Segini Biaya Tes COVID-19 di RSUP dr. Sardjito Yogyakarta

M Nurhadi
Segini Biaya Tes COVID-19 di RSUP dr. Sardjito Yogyakarta
(sardjito.co.id)

Berikut rincian biaya tes virus corona (COVID-19) di RS Sardjito Yogyakarta

SuaraJogja.id - Rumah Sakit Umum Pusat dr. Sardjito memiliki layanan tes kesehatan diri, bagi yang ingin mengetahui perihal dirinya terjangkit COVID-19 atau tidak.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan mengatakan, biaya tes uji virus corona atau Corona Virus Disease (COVID-19) di rumah sakit tersebut mematok biaya sekitar Rp500.000.

Dengan biaya tersebut, masyarakat mendapatkan sejumlah rangkaian tes dan uji, untuk mengetahui apakah dirinya terjangkit COVID-19 atau tidak.

"Ada tes rontgen, swab, cek laboratorium," kata Banu, saat dihubungi pada Selasa (17/3/2020) siang.

Banu menambahkan, prosedur awal mengikuti tes tersebut pertama diawali dengan masyarakat atau pasien menuju ke poli paru. Di sana, masyarakat akan diperiksa oleh dokter ahli paru.

"Terus cek laboratorium, cek rontgen," ujar Banu.

Ia juga menuturkan, jam layanan pemeriksaan COVID-19 dibuka menyesuaikan jam layanan kesehatan yang berlaku di klinik terkait, yakni mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Menurut dia, tidak semua rangkaian tes tersebut akan diikuti oleh warga yang ingin mengajukan uji COVID-19. Selain itu, rangkaian tersebut juga akan memengaruhi biaya tes yang dijalani.

"Jadi kami memiliki parameter test. 'Oh ini ndak perlu rontgen, oh ini ndak perlu cek laboratorium," sebut Banu.

Sebelumnya, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Paru RSUP Dr.Sardjito, Ika Trisnawati menyebutkan, pada awal Maret 2020, RSUP Dr.Sardjito menerima sekitar 15-20 permohonan per hari untuk penerbitan surat keterangan bebas Corona Virus Disease (COVID-19).

Kontributor : Uli Febriarni

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS