Jadwal Juli Batal, Prambanan Jazz Festival 2020 Tetap Digelar Tahun Ini

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Irma Joanita
Jadwal Juli Batal, Prambanan Jazz Festival 2020 Tetap Digelar Tahun Ini
Penonton Mancanegara Naik 60 Persen di Prambanan Jazz 2019 (Prambanan Jazz Official)

Protokol yang akan diberlakukan di Prambanan Jazz Festival 2020 sudah mulai didiskusikan oleh Rajawali Indonesia selaku promotor dengan Kemenparekraf.

SuaraJogja.id - Rencana diselenggarakannya Prambanan Jazz Festival 2020 pada Juli mendatang ditunda karena pandemi corona. Meski begitu, para pencinta musik tak perlu bersedih hati karena perhelatan musik jazz yang paling ditunggu-tunggu di Indonesia itu akan tetap digelar tahun ini.

Promotor dan CEO Rajawali Indonesia Anas Syahrul Alimi mengatakan, Prambanan Jazz Festival 2020 akan diundur pada pakhir Oktober hingga awal November 2020.

"Rencana Prambanan Jazz Festival 2020 tanggal 3, 4, dan 5 Juli 2020 akan diganti pada tanggal 30, 31 Oktober, dan 1 November 2020," ujar Anas melalui Zoom meeting pada Rabu (14/5/2020).

"Akan ada artis millenial luar negeri yang sangat besar dan berada di Special Show. Akan bertebaran artis Internasional baik di Day 1, Day 2 atau Day 3. Kita akan memanjakan penonton," tambah Anas.

Diberitakan Matamata.com -- jaringan SuaraJogja.id, nantinya Prambanan Jazz Festival 2020 diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yang dikeluarkan oleh Pemerintah. Anas pun mengungkapkan alasan Prambanan Jazz tetap digelar tahun ini.

"Event jadi salah satu cara paling efektif dan efisien untuk recovery psikologis dan ekonomi. Dan saya melihat cara menangani trauma adalah lewat event ini. Tapi akan tetap melewati protokol covid 19," terang Anas.

Protokol yang akan diberlakukan pun sudah mulai didiskusikan oleh Rajawali Indonesia selaku promotor dengan Kemenparekraf.

"Sedang diskusi dengan Kemenparekraf, walau belum resmi ini masih tahap diskusi, misalnya mulai orang masuk di-thermo, bisa juga rapid test atau surat bebas Covid-19." ujar Anas.

Selain itu, kuota penonton akan dikurangi. Ia mengatakan, kemungkinan akan mencakup setengah atau speertiga dari kuota tahun lalu, sebanyak 50.000 orang. Meski begitu, sampai saat ini kebijakan tentang kuota ini masih didiskusikan.

Hingga saat ini, Rajawali Indonesia belum menetapkan tanggal baru jika bulan Oktober nanti Prambanan Jazz Festival 2020 masih akan tetap ditunda.

Di sisi lain, Rajawali Indonesia juga sudah menyiapkan kejutan untuk penonton setia Prambanan Jazz.

"Menjawab kekecewaan penonton, nanti akan diselenggarakan konser online pada tanggal 4 Juli," tambahnya.

Tak seperti konser online lainnya, pada 4 Juli nanti, deretan artis dan sahabat mendiang Glenn Fredly akan membawakan lagu-lagu penyanyi yang diketahui tak pernah absen mengisi Prambanan Jazz dari tahun ke tahun itu. Tak hanya itu, pemandangan Candi Prambanan saat matahari terbenam juga akan membuat konser online mengenang Glenn Fredly itu menjadi makin spesial.

Konser online Prambanan Jazz ini akan diumumkan lebih lanjut oleh Rajawali Indonesia. Yang jelas, siapa pun bis amenikmati dengan gratis dari rumah masing-masing.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS