Tiga Bulan Tanpa Pemasukan, Pedagang di Pantai Parangtritis Menjerit

M Nurhadi | Mutiara Rizka Maulina
Tiga Bulan Tanpa Pemasukan, Pedagang di Pantai Parangtritis Menjerit
Suasana Pantai Parangtritis Rabu (3/6/2020). [Suarajogja.id / Mutiara Rizka]

"Biarpun saya hidup pas-pasan tapi kalau bisa nyekolahkan anak itu saya bangga," ujar Samad.

SuaraJogja.id - Merebaknya virus corona membuat berbagai objek wisata di Kabupaten Bantul tidak beroperasi. Salah satunya adalah Pantai Parangtritis yang biasanya menerima seribu tamu dalam satu hari, kini harus kehilangan seluruh pengunjungnya. 

Selama tiga bulan penutupan objek wisata, para pelaku usaha di kawasan pantai laut selatan tersebut tidak memiliki penghasilan sama sekali. 

Salah satu yang turut terdampak yakni Warti, seorang pengusaha warung makan di Pantai Parangtritis. KArena tak membuka usahanya selama wabah, ia sama sekali tidak mendapatkan penghasilan.

Warti juga merugi lantaran tidak sedikit barang dagangannya kadaluwarsa. Ia menyebutkan, mie instan dalam cup yang sedianya dijual untuk persediaan bulan Maret dan April banyak yang kadaluwarsa.

"Ya akhirnya saya makan sendiri, kalau ada temen atau orang yang mau ya saya kasihkan saja," kata Warti Rabu (3/6/2020).

Warti mengatakan, ada dua hingga tiga kardus mie instan yang harus ia habiskan sebelum kadaluarsa. Meski saat ini Warti sudah kembali berjualan, seringkali dalam sehari ia sama sekali tidak mendapatkan pemasukan.

Pada di hari biasa, dalam sehari ia bisa mendapatkan uang paling sedikit Rp 100 ribu. Namun kini, paling banyak dalam sehari dia hanya bisa mendapatkan Rp 15 ribu saja.

Suami Warti, Samad yang berprofesi sebagai kuli proyek juga mengeluhkan tidak ada pekerjaan selama pandemi. Meski hidup pas-pasan, ia mengaku rela tidak menabung asal bisa menyekolahkan anaknya.

"Biarpun saya hidup pas-pasan tapi kalau bisa nyekolahkan anak itu saya bangga," ujar Samad. 

Tiga bulan tanpa penghasilan terasa berat bagi Samad, terlebih saat ini putrinya duduk dibangku kuliah. Selain itu, modal awal untuk membuka warung yang ia pinjam dari Bank juga belum lunas. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS