Berkat Sandal Jepit, Kakek Suharto Selamat Usai 2 Jam Terjebak dalam Sumur

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Berkat Sandal Jepit, Kakek Suharto Selamat Usai 2 Jam Terjebak dalam Sumur
Ilustrasi kedalaman sumur (Pixabay/mh-grafik)

Peristiwa nahas ini menimpa Kakek Suharto ketika ia sedang menyapu halaman rumah anaknya pada sekitar pukul 10.30 WIB.

SuaraJogja.id - Tak disangka, sandal jepit ternyata bisa membantu seorang pria lansia yang tercebur ke dalam sumur untuk bertahan sampai nyawanya masih selamat. Itulah yang dialami Bambang Suharto (62), warga Wirobrajan, Kota Jogja.

Ia sempat tercebur ke dalam sebuah sumur sedalam 14 meter. Namun, berkat sandal jepit, ia bisa bertahan selama dua jam di lokasinya terjebak.

Kapolsek Wirobrajan Kompol Endang Sri Widiyanti mengatakan bahwa Suharto tercebur ke dalam sebuah sumur serapan setelah menginjak penutup sumur yang kemudian jebol.

"Beruntung nyawa Suharto berhasil tertolong setelah petugas datang mengevakuasi. Korban tercebur di sumur dengan ke dalaman sekitar 14 meter," ujar Kompol Endang Sri Widiyanti, Jumat (10/7/2020), dikutip dari HarianJogja.com -- jaringan SuaraJogja.id.

Peristiwa nahas ini menimpa Kakek Suharto ketika ia sedang menyapu halaman rumah anaknya pada sekitar pukul 10.30 WIB. Karena kurang hati-hati, Suharto menginjak sebuah papan yang sudah lapuk, yang ternyata menutup sumur di bawahnya.

"Sontak, Suharto terperosok ke dalam sumur tersebut. Korban kemudian berteriak minta tolong. Beruntungnya, ada segerombolan anak kos di sekitar rumah anaknya. Mereka melihat ke sekitar sumur. Namun, korban tidak ditemukan. Setelah melihat ke dalam dasar sumur, didapatkan korban yang sudah mengapung bersama sendal jepitnya," jelas Endang.

Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Wirobrajan. Setelah mendapatkan informasi tersebut, sejumlah personel Polsek Wirobrajan mendatangi lokasi kejadian. Bersama warga, polisi melakukan upaya evakuasi Suharto.

"Evakuasi juga dilakukan secara hati-hati. Petugas menggunakan tangga dan tali. Saat diangkat, kondisi korban sudah lemah. Beruntungnya, korban masih dalam keadaan selamat. Namun, korban mengalami luka di bagian kepala," terang Endang.

ia melanjutkan, korban ternyata sempat mengapung selama kurang lebih dua jam sebelum upaya evakuasi untuk menyelamatkan nyawanya dilakukan. Korban bisa bertahan berkat bantuan sandal jepitnya.

"Suharto mengambang bersama sandal jepitnya yang terlepas dari kakinya. Padahal saat kejadian nahas tersebut terjadi, kedalaman air sumur sekitar dua meter. Namun, Suharto masih bisa bertahan," terangnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS