Singgung Ketua RT Kediaman Jokowi, Komentar Warganet Ini Bikin Pusing

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Mutiara Rizka Maulina
Singgung Ketua RT Kediaman Jokowi, Komentar Warganet Ini Bikin Pusing
Presiden Joko Widodo bersiap memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (1/6/2020). [ANTARA FOTO/BPMI Setpres]

Ia mengaku penasaran apakah Jokowi menjadi warga di bawah RT atau justru ketua RT setempat tetap berada di bawah pimpinan pria kelahiran Surakarta tersebut.

SuaraJogja.id - Anak ketiga Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, menarik perhatian warganet karena mengunggah foto Surat Izin Mengemudi (SIM) milik ayahnya, Senin (27/7/2020), di Twitter. Unggahan tersebut mendapatkan lebih dari dua ribu komentar pengguna Twitter serta 11 ribu lebih retweets, dan 51 ribu lebih warganet menekan tombol suka.

Di antara ribuan komentar yang menghujani unggahan tersebut, terdapat satu komentar yang cukup menarik perhatian warganet lainnya. Komentar yang ditulis akun @hlmpi berisi pertanyaan mengenai posisi ketua Rukun Tetangga (RT) di kediaman Jokowi. Tak ayal, komentar tersebut membuat warganet lainnya ikut bertanya-tanya.

"Mas kaesang, nih kan kalo di wilayah tempat tinggal ada rt rw kan, nah orang yang tinggal dialamat itu berarti pemimpinya ya rt & rw mereka dong, terus Pak Jokowi dipimpin Pak Rt tempat tinggalkan yaa, nah Pak Rt kan warga Indonesia yang mana pemimpinnya Pak Jokowi. Jadi 'Wargaku adalah pemimpinku'," tulisnya.

Seorang warganet mempertanyakan posisi Kepala Rt di lingkungan kediaman presiden kepada Kaesang
Seorang warganet mempertanyakan posisi Kepala Rt di lingkungan kediaman presiden kepada Kaesang

Akun @hlmpi mempertanyakan terkait lingkungan tempat tinggal Jokowi, yang saat ini mendiami Istana Bogor. Ia mengaku penasaran apakah Jokowi menjadi warga di bawah RT atau justru ketua RT setempat tetap berada di bawah pimpinan pria kelahiran Surakarta tersebut.

Selain meminta Kaesang untuk mengklarifikasi pertanyaannya, ia juga kembali bertanya hal yang umum dilaksanakan di lingkungan RT -- apakah jika presiden menerima tamu, ia harus turut melakukan laporan ke ketua RT 1x24 jam. Untuk menguatkan argumennya, ia juga mengunggah foto alamat Istana dengan mencantumkan nomor RT dan RW-nya.

Komentar akun tersebut mendapatkan balasan sebanyak 100 komentar lainnya dari warganet dan 435 retweets, serta dua ribu lebih orang menekan tombol suka. Tidak sedikit komentar yang justru ikut mempertanyakan jawaban dari komentar itu. Beberapa di antaranya merutuki karena ikut bingung dengan pertanyaan yang dilontarkan.

"((((((((wargaku adalah pemimpinku))))))) jadi pak rt dipimpin pak presiden terus pak presiden juga dipimpin pak rt gitu, apa gimana si gak selesai-selesai dah," tulis akun @likeafishh dengan emoji menangis.

"Ini bagaimana sih? Presiden RT, RT<RW, RW<Lurah, Lurah<Camat, Camat<Walikota, Walikota<Gubernur, Gubernur<Presiden? Jadi Presiden paling tinggi apa paling rendah?," tulis akun @abs_suilat ikut bertanya.

Sementara, akun @azharpratamaza juga ikut mengatakan, "Terus ada yang pernah minta gak pak rt atau pak rw, ke keluarga mas Kaesang buat ikutan ronda malam sampai subuh."

Selain komentar yang penuh dengan pertanyaan terkait hal-hal sederhana yang umum terjadi di lingkungan warga, beberapa warganet lainnya justru membagikan pikiran mereka dalam membayangkan sosok ketua RT di lingkungan tempat tinggal orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS