Peduli Warga Pesisir Saat Pandemi, TNI AL Jogja Beri 1.500 Paket Sembako

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana
Peduli Warga Pesisir Saat Pandemi, TNI AL Jogja Beri 1.500 Paket Sembako
Penyerahan bantuan secara simbolis oleh Danlanal Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro di Pangkalan TNI AL Yogyakarta Posal Samas, Selasa (28/7/2020). - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

"Kami tidak hanya melaksanakan kegiatan baksos saja, tetapi juga penyuluhan kepada masyarakat terkait dengan adaptasi kebiasaan baru agar penyebaran Covid-19 tidak meningkat."

SuaraJogja.id - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta melaksanakan bakti sosial kepada masyarakat di wilayah pesisir. Kegiatan ini bertujuan membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khsususnya yang berada di sepanjanga kawasan pesisir pantai Yogyakarta.

"Kegiatan baksos ini diselenggarakan oleh Staf Potensi Maritim karena melihat bencana non-alam berupa Covid-19 ini masih terus berlangsung dan bahkan cenderung ada peningkatan," ujar Danlanal Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro ketika ditemui awak media di Pangkalan TNI AL Yogyakarta Posal Samas, Selasa (28/7/2020).

Bambang mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu tugas pokok Pangkalan TNI AL berupa pembinaan dan pemberdayaan masyarakat wilayah pesisir, terlebih lagi kondisi wilayah pesisir pantai di DIY memiliki panjang garis pantai sekitar 113 KM dengan meliputi tiga kabupaten, yakni Gunungkidul, Bantul, dan Kulon Progo.

Lebih lanjut dijelaskan Bambang, kegiatan bakti sosial ini akan diselenggarakan selama dua hari. Pelaksanaannya pun akan dilakukan secara serentak di tiga kabupaten dengan bertempat di 4 lokasi berbeda, yakni Posal Sadeng Gunungkidul, Posal Karangwuni Kulon Progo, lingkungan rumah dinas (Rumdis) TNI AL Donotirto Bangunjiwo Bantul, dan pusatnya di Posal Samas Bantul.

"Kami tidak hanya melaksanakan kegiatan baksos saja, tetapi juga penyuluhan kepada masyarakat terkait dengan adaptasi kebiasaan baru agar penyebaran Covid-19 tidak kembali meningkat," ungkapnya.

Dalam baksos kali ini diberikan bantuan berupa alat dan sarana kesehatan pencegahan Covid-19, mulai dari alat dan tandon cuci tangan sebanyak 17 unit, alat semprot atau sprayer disinfektan manual sebanyak 20 unit, alat semprot disinfektan mesin sebanyak 30 unit, jeriken berisi cairan disinfektan berukuran 5 liter sebanyak 200 buah, dan bantuan sembako sebanyak 1.500 paket berisi beras, gula, dan lainnya, seperti masker, handsanitizer, dan sabun kesehatan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Koordinator Wilayah Posal Sadeng, Posal Karangwuni, Posal Samas, dan Rumdis Donotirto beserta dengan 120 personel Lanal Yogyakarta, ditambah dengan Polsek dan Koramil setempat. Adapun penerima bantuan itu berasal dari perwakilan warga pesisir di tiga kabupaten dan unsur masyarakat maritim dari pokdarwis dan nelayan.

"Semoga dengan bantuan ini bisa membantu masyarakat dan menekan peningkatan jumlah penambahan kasus Covid-19," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS