alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Kebagian Royalti, Pongki Barata Sedih Lagunya Jadi Iklan Bakpia Jogja

Galih Priatmojo | Mutiara Rizka Maulina Sabtu, 12 September 2020 | 15:45 WIB

Tak Kebagian Royalti, Pongki Barata Sedih Lagunya Jadi Iklan Bakpia Jogja
Cuitan Pongki soal lagu jikustik jadi iklan Bakpia. - (Twitter/@pongkibarata)

Selain itu, Pongki juga menyampaikan jika ada masyarakat yang mengenal musisi tersebut untuk menghubungkan mereka dengan dirinya.

SuaraJogja.id - Musisi Pongki Barata unggah tangkapan layar musisi Jogja yang cover lagunya berjudul Setia. Ia mengaku sedih lantaran lagunya dijadikan iklan Bakpia tanpa ijin kepada pihaknya terlebih dahulu.

Melalui akun Twitter pribadinya @pongkibarata, ia menyebutkan bahwa hal tersebut menjadi salah satu alasan kenapa meenyanyikan lagu milik orang lain di YouTube harus mendapatkan ijin yang diatur dalam undang-undang.

Dalam unggahannya, ia memperlihatkan tangkapan layar seorang gadis dan pemuda bernama Syalsabila dan Tofan yang menyanyikan lagu Jikustik berjudul Setia. Keduanya mengunggah konten menyanyi di akun YouTube Izzamedia Entertainment.

Diunggah delapan bulan yang lalu, video tersebut sudah ditonton lebih dari 35 ribu kali. Ada 400 lebih tanda suka yang ditinggalkan warganet, dan 78 lainnya tidak menyukai. Dari 1 juta subscriber ada ratusan komentar ditinggalkan warganet.

Baca Juga: Mensos Apresiasi Lurah di DIY yang Serahkan Kembali Tanah Milik Kemensos

Sejak disinggung Pongki dalam cuitannya Jumat (11/9/2020), kolom komentar dari salah satu akun Production House di Jogja tersebut mendapatkan banyak komentar yang menyudutkan. Warganet mengkritik musisi yang mengambil iklan dengan lagu orang lain.

"Lagu SETIA dipakai buat iklan Bakpia. Saya dapet gak? Ya nggaklah. Padahal saya doyan bakpia juga lho ( sedih aku tuh)," tulis Pongki dalam cuitannya.

Selain itu, Pongki juga menyampaikan jika ada masyarakat yang mengenal musisi tersebut untuk menghubungkan mereka dengan dirinya. Belum diketahui pasti apa langkah yang akan ditempuh Pongki, namun ia mencari pemilik akun YouTube tersebut.

Sejak diunggah, cuitannya itu sudah disukai lebih dari 1000 orang. Sedangkan 900 lainnya membagikan ulang dan 80 diantaranya membagikan dengan komentar. Sementara kolom komentar banjir pendapat pro dan kontra.

Dalam cuitan lainnya, Pongki menjelaskan jika pihaknya dan Izzamedia Entertaiment sudah melakukan komunikasi. Ia mengaku semuanya sudah baik dan bersih. Saat ini permasalahan tersebut sedang dalam penanganan Massive Music Entertainment.

Baca Juga: Partai Gelora Dukung Paslon Bambang Wisnu Handoyo di Pilkada Gunungkidul

Melalui akun Instagram Production House yang menaungi @izzamedia_ent, mereka menyatakan permintaan maaf kepada Pongki selaku pencipta lagu. Mereka juga menyatakan bahwa segala hal yang berkaitan dengan izin atau lisensi lagu tengah dalam proses pengurusan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait