Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Berkarya saat Pandemi, Sri Sultan HB X Apresiasi Pekerja Seni di FKY 2020

Rima Sekarani Imamun Nissa | Arendya Nariswari Senin, 21 September 2020 | 20:23 WIB

Berkarya saat Pandemi, Sri Sultan HB X Apresiasi Pekerja Seni di FKY 2020
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X didamping Paksi Raras Alit (Ketua FKY 2020) meresmikan acara Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2020 di Sonobudoyo, Senin (21/9/2020). (YouTube/Fesrtival Kebudayaan Yogyakarta)

Gubernur DIY menyampaikan harapannya untuk FKY 2020 yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

SuaraJogja.id - Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2020 resmi mulai dihelat secara daring dan luring di Kompleks Museum Sonobudoyo pada Senin (21/9/2020). Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengapresiasi kinerja panitia FKY 2020 serta pekerja seni di tengah pandemi.

Menurut Sri Sultan HB X, keputusan panitia FKY 2020 untuk tetap menyelenggarakan acara sudah cukup bijak, yakni dengan mempertimbangkan situasi adaptasi baru serta mengedepankan protokol kesehatan.

Sri Sultan HB X juga mengaku bangga dengan perjalanan FKY dari tahun ke tahun hingga saat ini.

"Terlaksana sejak 1988, kegiatan FKY ini tidak ada matinya selama 32 tahun, karena dihidupi oleh kecintaan kepada seni sebagai profesi dan panggilan jiwa. FKY juga menunjukkan puncak pencapaian perjalanan seni di Yogyakarta. Dalam kehidupan seni sungguh penting sentuhan kreatifitas dan inovasi itu yang sangat terasa pada FKY 2020 ini," ungkap Sri Sultan HB X, dalam sambutannya saat seremonial pembukaan FKY 2020, Senin sore.

Sri Sultan HB X lalu mengharapkan, agenda FKY bisa terus berlanjut dan melahirkan karya yang memberi nilai lebih baik dalam berbudaya serta aspek kehidupan lainnya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X menyampaikan sambutan pada aara pembukaan FKY 2020 di Sonbudoyo. (YouTube/Festival Kebudayaan Yogyakarta)
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X menyampaikan sambutan pada aara pembukaan FKY 2020 di Sonbudoyo. (YouTube/Festival Kebudayaan Yogyakarta)

"Saya menyambut baik dan mengapresiasi festival ini dengan harapan lanjut, agar dikembangkan sehingga aneka kegiatanya bisa berdampak ganda. Selain memberikan nilai lebih dalam dimensi budaya dengan segala aspeknya, juga memberi nilai guna berupa manfaat bagi masyarakat luas," tuturnya.

Bertajuk #MULANIRA 2, FKY 2020 dilaksanakan secara terbatas. Selain pameran, FKY 2020 kini juga diselenggarakan dengan format virtual. Pengunjung bisa mengakses seluruh rangkaian kegiatan melalui www.fkmulanira.com.

FKY 2020 akan digelar hingga Sabtu (26/9/2020) mendatang. Mengusung semangat yang sama di tengah pandemi Covid-19 ini, FKY tetap terselenggara seperti layaknya sebuah festival, tetapi dengan tambahan protokol kesehatan dan pemanfaatan teknologi digital.

Khusus untuk pameran seni rupa, pengunjung diperbolehkan datang ke Museum Sonobudoyo secara terbatas. Setiap hari, panitia FKY 2020 membatasi pameran hanya dibuka untuk 30 orang pada masing-masing sesinya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait