alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tanam Pohon Beringin di Studio Gamplong, Hanung Bramantyo Sesali Hal Ini

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Mutiara Rizka Maulina Sabtu, 12 Desember 2020 | 08:35 WIB

Tanam Pohon Beringin di Studio Gamplong, Hanung Bramantyo Sesali Hal Ini
Hanung Bramantyo [Suara.com/Evi Ariska]

Ia menjelaskan jika aksinya menanam pohon itu adalah wujud penyesalan. Sebab dulu sejatinya ada dua pohon besar yang ditanam di Studio Gamplong.

SuaraJogja.id - Studio Gamplong merupakan salah satu tempat wisata sekaligus set film yang sengaja dibangun Sutradara Hanung Bramantyo bersama dengan warga sekitar. Tempat itu dibangun oleh Hanung untuk menjaga bekas-bekas tempat pengambilan gambar dalam sebuah film yang biasanya terbengkalai. Namun, dalam proses pembangunannya, ada hal yang membuat Hanung menyesal.

Melalui akun Instagram pribadinya, @hanungbramantyo, suami Zaskia Adya Mecca itu menyebutkan penyesalannya pada salah satu sudut Stuido Gamplong, yakni hilangnya dua buah pohon besar yang sebelumnya membuat jalanan menjadi rimbun. Dua pohon yang menyejukkan itu hilang lantaran ditebang oleh pemilik lahan pertanian dekat Studio Gamplong.

Dalam unggahannya di Instagram, Hanung membagikan momen dirinya membawa pohon beringin di atas mobil untuk ditanam di Studio Gamplong. Sebelum berangkat melaksanakan ibadah salat Jumat, Hanung menyempatkan untuk menanam dua pohon raksasa di tempat set filmnya. Masih berupa pohon kecil, Hanung berharap, pohon itu bisa tumbuh subur.

"Alhamdulillah semoga bisa tumbuh di sini," ujar Hanung dalam unggahannya di Instagram story, Jumat (11/10/2020).

Baca Juga: Antimainstream! Tanam Bawang di Pohon Pisang, Hasilnya Bikin Publik Takjub

Ia menjelaskan bahwa aksinya menanam pohon itu adalah obat penyesalan. Sebab, dulu sejatinya ada dua pohon besar yang ditanam di Studio Gamplong. Keberadaan dua pohon besar itu membuat jalanan menjadi teduh, sehingga Hanung sendiri ingin mengambil gambar di area tersebut. Sayangnya, satu hari sebelum pengambilan gambar, pohon itu sudah hilang.

Hanung menyebutkan, dua pohon itu hilang lantaran ditebang oleh pemilik lahan di samping Studio Gamplong. Saat ditanyakan kepada pemilik lahan, kenapa pohon itu ditebang, pemilik lahan menyampaikan agar Hanung dan kru film lainnya bisa mendapatkan cahaya matahari saat melakukan pengambilan gambar.

"Padahal fungsi tujuan saya syuting di sini sebetulnya pengin meng-capture kelestarian yang ada di sini," imbuh Hanung.

Ia menunjukkan ekspresi kecewa lantaran gagal menangkap kelestarian alam di sekitar kawasan itu, dengan hilangnya dua pohon besar tadi. Namun, sudah menjadi kebiasaan masyarakat sekitar yang menganggap jika ada orang kota datang, pohon itu mengganggu, dan akhirnya mereka menebang pohon tersebut.

Hal itulah yang kemudian menjadi alasan Hanung untuk menanam pohon. Ayah enam anak ini mulai menanam pohon beringin agar bisa memayungi kondisi sekitar Studio Gamplong dan memberikan kesejukan. Terakhir, Hanung mengajak masyarakat untuk tidak antipati dengan pohon dan mulai menanamnya sebagai sumber oksigen.

Baca Juga: Zaskia Adya Mecca Alami Baby Blues Usai Melahirkan, ini 3 Penyebabnya

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait