facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kutuk Terorisme, Massa Komunitas Peduli Bangsa Gelar Aksi Damai di Jogja

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Kamis, 01 April 2021 | 18:45 WIB

Kutuk Terorisme, Massa Komunitas Peduli Bangsa Gelar Aksi Damai di Jogja
Komunitas Peduli Bangsa menggelar aksi damai di Tugu Pal Putih Jogja, Kamis (1/4/2021) sore. - (Kontributor SuaraJogja.id/Putu)

Sebagai bentuk kepedulian pada umat yang perayaan Paskah, seluruh pengurus dan anggota komunitas ini ikut menjaga tempat ibadah.

SuaraJogja.id - Massa dengan ratusan anggota yang menamakan diri Komunitas Peduli Bangsa -- terdiri dari Forum Komunikasi Ormas dan Relawan DIY -- menggelar aksi damai di Tugu Pal Putih, Kamis (1/4/2021) sore. Ditengah gerimis, mereka meyuarakan perdamaian dan mengutuk keras aksi intoleransi yang kembali marak.

Aksi ini digelar sebagai bentuk keprihatinan akan kejadian bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar. Padahal umat Kristiani tengah beribadah dalam rangkaian peringatan Paskah.

"Yang paling baru aksi teror di Mabes Polri. Aksi-aksi sekelompok teroris tersebut sangat keji dan biadab, kami mengutuk keras aksi itu karena tidak ada satu agama pun yang mengajarkan kekerasan," ujar koordinator aksi, Waljito, di sela aksi.

Sekretaris Forum Komunikasi Ormas dan Relawan (FKOR) tersebut mengimbau masyarakat untuk tidak takut pada aksi-aksi terorisme. Sebab, aksi brutal yang dilakukan para teroris sengaja dilakukan untuk membangun atmosfer ketakutan di masyarakat dan memecah belah bangsa.

Baca Juga: Tak Ada Pengamanan Khusus Misa Paskah, Gereja di Tangsel: Percaya Kita Aman

Padahal jelas-jelas, bangsa Indonesia terbentuk dari keberagaman suku, agama, dan latar belakang. Keberagaman yang disatukan dalam Pancasila tersebut seharusnya dijaga alih-alih dipecah belah.

"Jangan takut pada terorisme, kita lawan terorisme dengan saling menjaga toleransi antargama di Indonesia dan saling memberi informasi bila muncul embrio terorisme," tandasnya.

Komunitas ini mendesak Pemerintah, Polri, dan TNI untuk segera mengungkap pelaku dan dalang aksi teror tersebut serta bekerja lebih keras lagi untuk mencegah terjadinya aksi teror serupa di Indonesia.

Sebagai bentuk kepedulian pada umat yang perayaan Paskah, seluruh pengurus dan anggota komunitas ini ikut menjaga tempat ibadah. Mereka akan meningkatkan kewaspadaan dan berkourdinasi dengan pimpinan gereja, pemerintah, dan aparat keamanan di setia wilayah.

"Kami memberikan bantuan di gereja-gereja untuk menjaga selama ibadah. Mari kita menjaga toleransi dan tidak takut pada teroris dan tetap menjaga kerukunan antar umat beragama," imbuhnya.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Minta Artis dan Influencer Beraksi Melawan Terorisme

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait