alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Polda DIY Pastikan Tak Beri Ruang Gerak Calon Pemudik Lewat Jalur Tikus

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Rabu, 05 Mei 2021 | 13:05 WIB

Polda DIY Pastikan Tak Beri Ruang Gerak Calon Pemudik Lewat Jalur Tikus
Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Progo 2021 Polda DIY di Mapolda DIY, Rabu (5/5/2021). - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto menegaskan bahwa jalur tikus yang ada di DIY akan dijaga ketat oleh petugas.

SuaraJogja.id - Polda DIY memastikan bahwa tidak akan memberikan ruang gerak bagi para calon pemudik di jalur-jalur alternatif. Selain sudah ada 10 titik pos yang dijaga nanti juga akan petugas yang selalu berpatroli.

"Jalur alternatif kita tidak memberikan ruang gerak bagi para pemudik atau masyarakat yang bertujuan mudik ke Yogyakarta," kata Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Iwan Saktiadi kepada awak media, Rabu (5/5/2021).

Iwan menjelaskan, nantinya patroli-patroli dari jajarannya itu difungsikan sebagai bantuan anggota yang juga telah berada di pos pengawasan. Bertujuan untuk terus mengawasi setiap pergerakan masyarakat terkhusus bagi yang bermaksud mudik.

"Ada patroli-patroli dari bantuan artinya dari satgas bantuan yang akan terus melaksanakan patroli mengimbangi pos-pos pelayansn terpadu yang bersifat stasioner," ujarnya.

Baca Juga: Larang Warga Mudik, Puan Maharani Minta Pemerintah Konsisten dan Adil

Selain itu Iwan meyakini bahwa penempatan 10 titik pos tersebut sudah melalui pertimbangan yang matang. Artinya setiap pos itu memang difungsikan untuk mengantisipasi mobilitas masyarakat untuk mudik baik di jalur utama atau alternatif.

"Artinya sebenarnya sudah tidak ada ruang bagi masyarakat yang akan masuk ke Yogyakarta melalui rute-rute alternatif juga," jelasnya.

Iwan merinci, 10 titik pos penjagaan itu berada di wilayah Kabupaten Sleman berada di Tempel dan Prambanan, lalu ada juga di Gunungkidul tepatnya di tanjakan bukit bintang dan di Bedoyo. Kemudian ada di Kulon Progo, tepatnya ada dua yakni di jalan utama Wates dan di ujung Temon.

Lalu ada juga di Kota Yogyakarta yakni di Wirobrajan dan simpang tiga Gejayan. Sedangkan dua titik lagi berada di pintu masuk di Wonogiri ke Gunungkidul dan di Bantul tepatnya di Srandakan.

"Kalau kita mencermati 10 titik tersebut sebenarnya sudah tidak ada peluang lagi masyarakat masuk tanpa diperiksa oleh petugas," tegasnya.

Baca Juga: Mulai Besok, 7 Titik Penyekatan Mudik Lebaran di Bogor Bakal Dijaga Ketat

Selain penjagaan mobilitas di setiap pos tersebut, Iwan menyampaikan tidak menutup kemungkinan juga bakal melakukan pemeriksaan atau tes swab antigen di 10 titik yang ada.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait