alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kasus Positif Covid-19 di Nglempong Bertambah, Total 52 Warga Terpapar Corona

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Jum'at, 28 Mei 2021 | 12:34 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Nglempong Bertambah, Total 52 Warga Terpapar Corona
Salah satu pintu masuk di Pedukuhan Ngemplong, Kalurahan Umbulmartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Kepala UPT Puskesmas Ngemplak I Seruni Anggraini Susila mengatakan, sebanyak 51 warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu tidak hanya berasal dari Nglempong saja.

SuaraJogja.id - Warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Pedukuhan Nglempong, Kalurahan Umbulmartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman bertambah. Berdasarkan hasil tracing, tercatat 51 warga terpapar corona.

Kepala UPT Puskesmas Ngemplak I Seruni Anggraini Susila mengatakan, sebanyak 51 warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu tidak hanya berasal dari Nglempong saja, tetapi juga termasuk dusun yang tidak jauh dari situ, yakni Dusun Degolan.

"Jadi di Nglempong kemarin 12 kemudian tambah 35 jadi 47. Terus Degolan itu awalnya ada 1 kemudian tambah 4 jadi 5. Berarti, total ada 52," kata Seruni saat dihubungi awak media, Jumat (28/5/2021).

Lebih lanjut Seruni menjelaskan, warga yang terpapar corona dari Degolan itu memang ikut dalam screening secara massal yang dilakukan Kamis (27/5/2021) kemarin. Pasalnya sejumlah warga tersebut memiliki riwayat ke Dusun Nglempong saat Lebaran lalu.

Baca Juga: Update Kasus Covid-19 di Perumahan Griya Melati Bogor: Total 85 Orang

Disebutkan Seruni, memang ada satu warga yang sebelumnya sudah diketahui terpapar corona bersaman dengan 12 kasus awal di Dusun Nglempong.

"Dia [satu warga Dusun Degolan] positif bersamaan dengan kasus positif 12 awal di Dusun Nglempong sehingga kemarin kontak erat keluarga ini kami cek juga. Hasilnya positif juga," jelasnya.

Seruni menilai bahwa semua kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di dua dusun tersebut masih berkaitan. Hal itu berdasarkan proses tracing yang dilakukan oleh pihak puskesmas.

"Iya berkaitan meskipun mereka sendiri tidak terlalu, ya mereka mengakui memang ada kegiatan berkunjung namun namanya virus kita tidak bisa tahu nemploknya itu kapan. Tapi kalau diturut-turut dari mulai awal gejala terus riwayat aktivitasnya itu ya ada benang merahnya semua," terangnya.

Mengenai tes massal PCR yang dilakukan kemarin, kata Seruni melibatkan sebanyak 79 warga termasuk dari Dusun Degolan. Hasilnya dinyatakan ada 39 warga yang positif termasuk warga Dusun Degolan tersebut sementara 40 lainnya dinyatakan negatif.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melonjak, 11.730 Pelajar di Aceh Timur Diliburkan

Sebelumnya diberitakan ratusan warga di Dusun Nglempong Kalurahan Umbulmartani, Kapanewon Ngemplak menjalani pemeriksaan Covid-19 secara massal pada Kamis (27/5/2021). Pemeriksaan ini sebagai tindaklanjut dari temuan 12 warga yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 setelah menggelar kegiatan silaturahmi saat Lebaran lalu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait