alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bantu Percepatan Herd Immunity di Akhir Tahun, Dekranasda Vaksin Seribu Pelaku UMKM

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Kamis, 29 Juli 2021 | 06:53 WIB

Bantu Percepatan Herd Immunity di Akhir Tahun, Dekranasda Vaksin Seribu Pelaku UMKM
Vaksinasi pelaku UMKM di Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman, Rabu (28/7/2021) - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Hingga saat ini sudah ada sekitar 9 ribu orang yang mendapatkan vaksin.

SuaraJogja.id - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman menyelenggarakan program vaksinasi Covid-19 bagi 1.000 pelaku usaha pada Rabu (28/7/2021). Kegiatan ini sebagai bentuk upaya percepatan program vaksinasi untuk dapat segera membentuk herd immunity atau kekebalam kelompok.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman Mae Rusmi mengatakan untuk lebih memperlancar kegiatan tersebut dan tidak menimbulkan kerumunan. Seribu pelaku usaha yang dijadwalkan menjalani vaksinasi Covid-19 hari ini akan dibagi menjadi dua sif.

"Hari ini kita melaksanakan vaksin melalui Dekranasda ini ada 1.000 pelaku usaha yang kami bagi ke dalam 2 sif, pagi 500 orang dan nanti siang 500 orang," kata Mae kepada awak media, Rabu (28/7/2021).

Mae menjelaskan keseluruhan jumlah pelaku UMKM di Bumi Sembada yang terdaftar mencapau 68 ribu orang. Sedangkan untuk sektor industri atau IKM berkisar sampai dengan 17 ribu orang.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Massal Kunci Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

"Nah hari ini kami melakukan vaksin terhadap pelaku industri baik itu yang ada di sentra-sentra kemudian yang tergabung di beberapa asosisasi," tuturnya.

Disampaikan Mae, berdasarkan jumlah keseluruhan tadi hingga saat ini sudah ada sekitar 9 ribu orang yang mendapatkan vaksin. Angka tersebut adalah jumlah pedagang pasar yang ada di Kabupaten Sleman.

"Untuk pedagang pasar itu sudah sekitar 9 ribu, kemudian hari ini seribu, kemudian yang melalui puskesmas-puskesmas ini sudah cukup banyak," ungkapnya.

Tidak hanya berhenti di situ, kata Mae, ke depan pihaknya juga masih akan terus menggenjot program vaksinasi bagi para pelaku usaha yang ada. Rencana terdekat pelaku usaha yang tergabung dalam forum komunikasi industri UMKM di tiap-tiap kecamatan akan menjadi sasaran selanjutnya.

"Awal Agustus nanti kita jadwalkan. Ini baru kita siapkan bekerja sama dengan Dinkop UKM Provinsi," imbuhnya.

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 di Kembangan Jakarta Barat Capai 61,54 Persen

Mae menyebut akan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman serta Dinkop UKM Provinsi DIY dalam program percepatan vaksinasi bagi pelaku usaha ini. Termasuk dengan ketersediaan vaksin yang ada.

Baca Juga

Berita Terkait