alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ingin Vaksin Tapi Aksesnya Sulit, Pemkot Jogja Siapkan Mobil Vaksin ke Rumah Warga

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora Kamis, 12 Agustus 2021 | 16:15 WIB

Ingin Vaksin Tapi Aksesnya Sulit, Pemkot Jogja Siapkan Mobil Vaksin ke Rumah Warga
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti memberi keterangan pada wartawan usai Pencanangan Kawasan Stasiun dan Malioboro Wajib Masker dan Vaksin di Stasiun Tugu Yogyakarta, Rabu (11/8/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Pemkot Jogja luncurkan mobil vaksin

SuaraJogja.id - Pemkot Yogyakarta terus menggencarkan vaksinasi kepada seluruh masyarakat, baik warga Jogja dan warga berdomisili di Kota Pelajar. Setelah menyiapkan sentra vaksin di XT Square, PDAM dan kawasan Ngabean, Pemkot segera menyiapkan mobil vaksin.

"Jadi ini unit mobil yang membawa vaksin untuk menjangkau masyarakat yang memiliki hambatan untuk vaksinasi," kata Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti kepada wartawan, Kamis (12/8/2021).

Haryadi mengatakan bahwa mobil vaksin ini akan menyasar warga lansia dan masyarakat yang kesulitan datang ke sentra vaksinasi. Tak menutup kemungkinan akan menyasar lokasi dengan tingkat vaksinasi yang masih minim.

"Jadi kami akan memodifikasi ambulans yang bisa menampung banyak dosis vaksin termasuk tenaga kesehatannya. Nanti akan berkeliling Jogja dan tentunya ada jadwal," terang dia.

Baca Juga: Seorang Warga Dapat Kompensasi Tol Solo-Jogja Rp4,3 M, Kades Minta Bijak Belanja

Ia melanjutkan bahwa mobil vaksin yang akan diluncurkan Pemkot bisa membawa 100 vial atau 1.000 dosis vaksin. 

Selanjutnya jadwal vaksin dibuat dengan melihat hasil tracing yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes). Jika ada penyebaran Covid-19 yang cukup tinggi dan tingkat kesadaran vaksinasi yang kurang, maka menjadi sasaran mobil vaksin.

"Namun saya berharap, dengan adanya mobil ini warga jangan malas mendatangi lokasi vaksinasi di kota. Intinya mobil vaksin ini hanya back up saja," jelas dia.

Disinggung bagaimana pengelolaan data atau administrasi pendaftaran, Haryadi akan membawa lebih lanjut. Tenaga kesehatan dan tata kelola pendaftaran akan berbeda.

"Tata kelola administrasi harus jelas, orang yang divaksin harus memenuhi kriteria orang yang bisa divaksin. Nanti kami atur agar mudah untuk warga," jelas dia.

Baca Juga: Kuliah Daring ISI Jogja Viral, Dosen dan Mahasiswa Latihan Ketawa Bikin Warganet Ketularan

Haryadi mengatakan mobil vaksin tersebut disiapkan dalam waktu dekat. Rencananya pada 17 Agustus 2021 akan dioperasikan.

Saat ini mobil vaksin yang ada di Jogja baru dimiliki Polresta Yogyakarta. Mobil yang sejak Juli lalu sudah beroperasi sudah menyasar lebih kurang 6.000 warga Jogja.

"Sejak satu bulan lalu sudah beroperasi. Jadi kami berputar setiap Polsek untuk menyasar warga yang belum dapat vaksin," ujar Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Purwadi Wahyu Anggoro ditemui wartawan, Senin (11/8/2021).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait