alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Didukung Danais, Puluhan Ribu Pelaku Wisata di DIY Sudah Divaksin

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Rahmat jiwandono Kamis, 19 Agustus 2021 | 20:59 WIB

Didukung Danais, Puluhan Ribu Pelaku Wisata di DIY Sudah Divaksin
Kegiatan vaksinasi di Gua Selarong, Pedukuhan Watu Gedug, Kalurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul pada Kamis (19/8/2021) pagi. - (SuaraJogja.id/Rahmat Jiwandono)

Pelaku wisata menjadi prioritas sasaran program vaksinasi sebagai bentuk persiapan bila kegiatan sektor pariwisata kembali dibuka.

SuaraJogja.id - Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menyebut vaksinasi kepada pelaku wisata sudah dilakukan di 21 destinasi wisata di DIY. Sejauh ini sekitar 30 ribu lebih pelaku wisata sudah tervaksinasi.

"Jumlah tersebut hampir mendekati target pelaku wisata yang terdampak pandemi Covid-19, yakni 32 ribu orang di DIY. Itu berdasarkan data kami pada 2020," katanya di sela-sela pelaksanaan vaksinasi bagi pelaku wisata di objek wisata Goa Selarong, Kamis (19/8/2021).

Menurutnya, pelaku wisata menjadi prioritas sasaran program vaksinasi sebagai bentuk persiapan bila kegiatan sektor pariwisata kembali dibuka. Alasannya, sektor pariwisata merupakan salah satu ujung tombak perekonomian DIY selain sektor pendidikan.

Untuk itu percepatan cakupan vaksinasi bagi pelaku wisata terus dikebut.

Baca Juga: 14 Ribu Lebih Pelajar di Kulon Progo Sudah Dapat Vaksin Covid-19

"Vaksinasi ini didukung dengan Dana Keistimewaan (Danais)," terangnya.

Diharapkan segera terbentuk kekebalan kelompok atau herd immunity di sektor pariwisata, sehingga kegiatan pariwisata kembali menggeliat setelah hampir dua bulan lumpuh total.

"Pelaku wisata sudah lama tutup karena tidak memperoleh pendapatan" imbuh Singgih.

Pelaksanaan vaksinasi bagi pelaku wisata selalu digelar di objek wisata, selain bertujuan mendekatkan dengan sasaran, sekaligus untuk promosi objek wisata bersangkutan, seperti pada pelaksanaan vaksinasi di objek wisata Goa Selarong, dengan target 650 sasaran.

Wakil Bupati Bantul Joko Budi Purnomo memberikan apresiasi kepada jajaran Pemda DIY karena sudah memberikan perhatian kepada pelaku wisata di Bumi Projotamansari sebagai prioritas sasaran penerima program vaksinasi.

Baca Juga: Aseeeekk... 4.600 Buruh Soloraya Bakal Divaksin Jenis Moderna

"Langkah ini sangat strategis mengingat sektor pariwisata sudah ditetapkan sebagai faktor pengungkit kesejahteraan warga. Jika sektor pariwisata tidak segera bangkit, dipastikan akan menghambat penanganan kemiskinan di Bantul," ucapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait