alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bersiap Sekolah Tatap Muka, Pemkot Jogja Kejar 70 Persen Pelajar Tervaksin Bulan September

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora Selasa, 24 Agustus 2021 | 14:40 WIB

Bersiap Sekolah Tatap Muka, Pemkot Jogja Kejar 70 Persen Pelajar Tervaksin Bulan September
Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti meninjau vaksinasi yang digelar SMA N 1 Teladan Yogyakarta, minggu (22/8/2021). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

Pemkot Jogja kejar rencana buka sekolah di Bulan September

SuaraJogja.id - Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menjelaskan, sebanyak 70 persen pelajar di Kota Jogja harus sudah tervaksin. Harapannya jika target tersebut tercapai pada Bulan September 2021, pihaknya sudah siap menjalankan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

"Secara teknis kami sudah siap, tapi tentu atas izin Dinas Pendidikan DIY dan izin dari (pemerintah) pusat mengenai mekanisme," ujar Haryadi ditemui wartawan usai meninjau vaksinasi pelajar di Kantor PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta, Selasa (24/8/2021).

Ia menjelaskan bahwa pihak sekolah sudah menyediakan alat protokol kesehatan (prokes) dan juga wastafel tempat cuci tangan.

"Saya juga sudah menerima masukan dari para wali siswa yang ingin agar anak-anak kembali sekolah tatap muka. Dengan demikian vaksinasi dikebut, harapannya bulan September jika 70 persen tercapai kita segera pertimbangkan untuk bisa tatap muka," katanya.

Baca Juga: Lebih Tenang di Jogja, Zaskia Adya Mecca Lelah dengan Kehidupan di Jakarta

Lebih lanjut, kata Haryadi vaksinasi pelajar tak hanya dilakukan di sekolah-sekolah saja. PDAM Tirtamarta Kota Jogja sudah dijadikan sentra vaksinasi dan digunakan untuk menyelenggarakan vaksinasi pelajar.

"Jadi kan (sentra vaksinasi) ada di XT Square, lalu PDAM ini, rencananya juga di SMA 7. Kami juga berencana mencari rekor MURI untuk vaksinasi pelajar baik kota dan seluruh DIY di JEC," terang dia.

Terpisah, Sekretaris Percepatan Vaksinasi Kota Yogyakarta, Ignatius Triharsono mengatakan hingga 23 Agustus terdapat 10.472 pelajar yang telah tervaksin.

"Jadi jumlah seluruh pelajar di Kota Jogja ini 57.141 orang. Jika diprosentase (pelajar) yang sudah tervaksin lebih kurang 20 persen dari populasi pelajar di Kota Jogja," jelas dia.

Ia menjelaskan jumlah 57.141 pelajar itu terdiri dari jenjang SMP, SMK, dan juga madrasah. Namun dirinya belum memilah mana saja pelajar yang berasal dari Kota Jogja dan luar kota.

Baca Juga: Dua Tahun Merasakan Tinggal di Jogja, Zaskia Adya Mecca: Aku Capek Banget Hidup di Jakarta

"Nah ini sedang kami prioritaskan pendataannya. Sehingga bisa ketahuan pelajar asal Jogja dan dari luar," jelas Tri.

Ia menambahkan bahwa Pemkot Yogyakarta juga melakukan vaksinasi ke tingkat SMA. Rencananya akan disiapkan lokasi lain untuk sentra vaksin pelajar SMA, salah satunya di SMA 7 Yogyakarta.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait