alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

6 Langkah Praktis Cek NIK KTP dari Rumah, Cukup Goyangkan Saja Jarimu

Galih Priatmojo Jum'at, 27 Agustus 2021 | 21:16 WIB

6 Langkah Praktis Cek NIK KTP dari Rumah, Cukup Goyangkan Saja Jarimu
Ilustrasi KTP

Di bawah ini merupakan langkah praktis cek NIK KTP

SuaraJogja.id - Saat ini dengan kecanggihan teknologi cara untuk cek NIK KTP tak perlu lagi datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Di bawah ini ada 6 langkah praktis cek NIK KTP.

Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam Kartu Tanda Kependudukan (KTP) berfungsi sebagai nomor identitas yang unik bagi setiap warga negara.

Nah buat kamu yang ingin mengetahui cara cek NIK KTP dengan langkah praktis, berikut panduannya seperti dilansir dari website resmi Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

1. Cek Menggunakan Email

Baca Juga: 6 Cara Cek NIK KTP dari Rumah, Cukup Gunakan Handphone

Cara cek NIK KTP dengan email terbilang cukup mudah. Cukup kirimkan email ke callcenter.dukcapil@gmail.com. Anda bisa mengirimkan email dengan format #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan. Anda harus menunggu balasan kurang lebih satu kali 24 jam untuk mengetahui hasil pengecekan NIK anda.

2. Langkah Praktis Cek NIK KTP Melalui Sosial Media

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga memberikan layanan cek NIK mandiri melalui Twitter atau Instagram resminya @dukcapilkemendagri.

Anda juga bisa mengirimkan pesan dan bertanya langsung terkait kebenaran dari nomor NIK yang anda miliki. Selain Twitter, Dukcapil dapat anda hubungi melalui sosial media lainnya, seperti Facebook.

3. Langkah Praktis Cek NIK KTP Melalui Pesan Singkat

Baca Juga: Link Cek NIK KTP Jakarta, Lengkap Cara Cek NIK KTP Online

Langkah praktis cek NIK dari rumah yang lain adalah dengan mengrimkan pesan singkat atau SMS dengan menggunakan format Cek#KTP#NIK lalu kirimkan ke nomor Disdukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di 0815-3636-9999. Tunggu beberapa saat sampai SMS Anda dibalas untuk mengetahui hasil pengecekan NIK tersebut.

4. Langkah Praktis Cek NIK KTP via WhatsApp

Selain melalui SMS, Anda juga bisa melakukan pengecekan NIK KTP menggunakan aplikasi pesan singkat WhatsApp. Kirim pesan ke nomor 0813-2691-2479 dengan mengirimkan data seperti nama lengkap yang sesuai dengan KTP, NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota.

Tunggu beberapa saat sampai ada pesan balasan yang menginfomasikan hasil pengecekan tersebut. Biasanya butuh waktu lebih lama dibandingkan menghubungi call center langsung.

5. Langkah Praktis Cek NIK KTP Melalui Situs Kemendagri

Pilihan selanjutnya adalah melalui situs resmi dari Kemendagri. Anda bisa mengunjungi situs dukcapil.kemendagri.go.id.

Kemudian pada beranda situs tersebut, cari menu e-KTP dan isilah NIK yang Anda miliki. Jika nomor KTP tersebut valid, maka Anda akan dirahakan pada tampilan yang berisi data lengkap sesuai dengan KTP.

6. Langkah Praktis Cek NIK KTP melalui Call Center Dukcapil

Anda bisa menghubungi call center Halo Dukcapil melalui nomor telpon 1500-537. Apabila  ingin mengecek nomor NIK, maka Anda harus menyiapkan data seperti NIK dan nomor KK.

Petugas akan meminta Anda membacakan NIK tersebut dan lalu mencocokannya. Apabila tidak valid, maka Anda dapat langsung mengajukan sinkronisasi data tersebut.

Seperti itulah beberapa langkah praktis cek NIK KTP dari rumah dengan menggunakan handphone. Selamat mencoba.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait