alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Masih Siaga, Sepekan Gunung Merapi Luncurkan 6 Kali Awan Panas dan 80 Kali Guguran Lava

Eleonora PEW | Hiskia Andika Weadcaksana Jum'at, 03 September 2021 | 19:32 WIB

Masih Siaga, Sepekan Gunung Merapi Luncurkan 6 Kali Awan Panas dan 80 Kali Guguran Lava
Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas pada Selasa (10/8/2021) pagi. - (SuaraJogja.id/HO-BPPTKG)

Tercatat dalam minggu ini intensitas kemunculan awan panas lebih banyak dibanding periode sepekan sebelumnya.

SuaraJogja.id - Aktivitas Gunung Merapi di perbatasan DIY dan Jawa Tengah masih terus berlangsung. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat ratusan guguran lava dan sejumlah awan panas dalam sepekan terakhir.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan aktivitas tersebut tercatat tepatnya pada periode 27 Agustus sampai 2 September 2021. Tercatat dalam minggu ini intensitas kemunculan awan panas lebih banyak dibanding periode sepekan sebelumnya.

"Pada minggu ini terjadi 6 kali awan panas guguran ke arah barat daya dengan jarak luncur maksimal 2.500 meter," kata Hanik dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/9/2021).

Akibat dari kejadian awan panas guguran tersebut dilaporkan terjadi hujan abu pada tanggal 28 Agustus dan 1 September 2021. Hujan abu terjadi di beberapa wilayah, antara lain di Kecamatan Srumbung, Salam, Ngluwar, Dukun, Mungkid, Sawangan, Muntilan, dan Salaman.

Baca Juga: Update Merapi, Keluarkan 4 Kali Guguran Lava ke Arah Barat Daya

Sementara itu untuk guguran lava pada pekan ini tercatat menurun intensitasnya. Jika pada seminggu sebelumnua keluar sebanyak ratusan kali tidak pada pekan ini.

"Guguran lava teramati sebanyak 80 kali ke arah barat daya dengan jarak luncur maksimal 2.000 meter," tuturnya.

Disampaikan Hanik, berdasarkan hasil pengambilan foto udara dengan drone yang dilakukan pada tanggal 1 September 2021 lalu. Menunjukkan secara umum baik kubah barat daya maupun kubah tengah masih mengalami pertumbuhan.

Hanik menjelaskan teramati adanya perubahan morfologi pada kubah lava barat daya dan kubah tengah. Terutama pada ketinggian kubah barat daya yang bertambah sekitar 2 meter dan kubah tengah bertambah sekitar 1 meter.

"Untuk volume kubah lava barat daya sebesar 1.440.000 meter kubik dan kubah tengah sebesar 2.842.000 meter kubik," ungkapnya.

Disampaikan Hanik, Intensitas kegempaan pada minggu ini lebih tinggi dibandingkan dengan minggu lalu.

Baca Juga: Update Merapi, Sejak Kemarin Keluarkan Awan Panas Menuju Barat Daya Sejauh 2 Km

Mengenai deformasi Gunung Merapi yang dipantau dengan menggunakan EDM dan GPS pada minggu ini tidak menunjukkan perubahan yang signifikan. Diketahui deformasi itu juga semakin menurun sejak beberapa minggu terakhir.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait