facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sumbermulyo Jadi Kalurahan Pertama di Bantul yang Capai Herd Immunity

Eleonora PEW | Rahmat jiwandono Kamis, 16 September 2021 | 19:15 WIB

Sumbermulyo Jadi Kalurahan Pertama di Bantul yang Capai Herd Immunity
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih melihat pelaksanaan vaksinasi di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro pada Kamis (16/9/2021). - (SuaraJogja.id/Rahmat Jiwandono)

Ia berharap, dengan cakupan vaksinasi yang menyentuh 80 persen, masyarakat bisa melaksanakan aktivitas-aktivitas kembali secara normal.

SuaraJogja.id - Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul diklaim jadi kalurahan pertama yang mencapai kekebalan komunal atau herd immunity. Saat ini cakupan vaksinasi di Sumbermulyo sudah mencapai 80 persen.

Lurah Sumbermulyo Ani Widayani menyampaikan, jumlah warganya kurang lebih 15.000 jiwa. Dari jumlah itu, yang sudah divaksin sekitar 12.000 orang.

"Yang belum divaksin itu karena usianya masih di bawah 12 tahun, balita, dan penyintas Covid-19," ujar Ani pada Kamis (16/9/2021).

Ia berharap, dengan cakupan vaksinasi yang menyentuh 80 persen, masyarakat bisa melaksanakan aktivitas-aktivitas kembali secara normal. Baik di sektor pendidikan, sosial, maupun ekonomi.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Bantul Melandai, Rumah Sakit dan Selter Mulai "Kosong"

"Apalagi siswa besok Senin sudah kembali ke sekolah untuk belajar tatap muka," katanya.

Menurut dia, vaksinasi tersebut bisa memulihkan ekonomi di masyarakat karena sekarang banyak orang yang kehilangan pekerjaan.

"Mudah-mudahan mereka bisa kembali bekerja seperti petani, pedagang pasar, dan buruh," tuturnya.

Walau sudah mencapai herd immunity, sambungnya, masyarakat diimbau jangan euforia secara berlebihan. Semuanya tetap harus mematuhi protokol kesehatan (prokes).

"Prokes 5M harus tetap dijalankan dimanapun berada," imbuh dia.

Baca Juga: Percepat Herd Immunity, Pemprov DKI Targetkan 14 Juta Orang Divaksin Covid-19 Dua Dosis

Sementara itu, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menambahkan, Kapanewon Bambanglipuro termasuk kapanewon yang cakupan vaksinasinya tertinggi se-Bantul. Lantas ia berharap kapanewon-kapanewon lainnya bisa segera menyusul.

"Sehingga fokus kami ke depan puskesmas-puskesmas bersama TNI dan Polri fokus melaksanakan percepatan vaksinasi di tingkat kalurahan/dusun untuk mengejar herd immunity," kata politisi PKB tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait