alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Mengatasi Instagram Error Tidak Bisa Dibuka

Fabiola Febrinastri Sabtu, 09 Oktober 2021 | 12:02 WIB

Cara Mengatasi Instagram Error Tidak Bisa Dibuka
Ilustrasi Instagram. (Shutterstock)

Ada kemungkinan koneksi internet Anda adalah penyebabnya.

SuaraJogja.id - Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer secara global, tetapi ketika tidak berfungsi, itu bisa menjadi pengalaman yang membuat frustrasi. Dari segi server, instagram sebenarnya cukup mumpuni untuk menampung para penggunanya, namun ada kalanya juga terjadi kejadian yang tidak diinginkan ketika Instagram tidak berfungsi.

Oleh sebab itu, kami menyusun daftar cara untuk memperbaikinya. Ikuti panduan pemecahan masalah di bawah ini untuk memperbaiki masalah Instagram yang mungkin Anda alami.

Periksa apakah Instagram sedang down
Anda mungkin bukan satu-satunya yang mengalami masalah dengan Instagram yang tidak berfungsi. Salah satu hal pertama yang harus diperiksa adalah apakah Instagram secara keseluruhan sedang down.

Pertama, buka aplikasi lain yang menggunakan internet dan lihat apakah itu berjalan dengan semestinya. Anda juga dapat membuka browser dan mencoba mengunjungi situs web.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Quora 'Berbeda' Dibandingkan Media Sosial Lainnya

Jika setiap layanan lain berfungsi dengan benar, Anda dapat memeriksa ulang apakah Instagram sedang down dengan menggunakan Down Detector. Situs merupakan situs yang mampu mendeteksi semua jenis layanan dan memberi tahu Anda apakah layanan tersebut sedang down atau tidak.

Cukup buka halaman Instagram Down Detector, dan situs tersebut akan memberi tahu Anda apakah Instagram mengalami masalah atau tidak. Jika memang instagram sedang down, maka anda hanya bisa menunggu server instagram hingga kembali normal.

Bersihkan cache
Cache sebenarnya memiliki fungsi yang cukup bermanfaat. Cache menyimpan data yang biasa digunakan di ponsel Anda dan menggunakannya kembali kapan pun diperlukan. Hal ini membuat peforma lebih cepat, namun cache yang rusak bisa menyebabkan berbagai masalah.

Menurut situs EzTekno.com mengatakan bahwa cache yang terlalu banyak dan menumpuk juga justru akan membuat aplikasi instagram menjadi lebih lambat. Jadi, ada baiknya untuk membersihkan cache dalam periode tertentu.

Berikut cara hapus cache instagram di Android:
1. Buka aplikasi Pengaturan.
2. Masuk ke Aplikasi & notifikasi.
3. Cari aplikasi Instagram di daftar aplikasi.
4. Ketuk Penyimpanan & cache.
5. Tekan Hapus Cache.
6. Anda juga bisa memilih Hapus penyimpanan agar aplikasi kembali seperti baru diinstal.

Baca Juga: 3 Cara Lapor Gangguan IndiHome via Call Center dan Media Sosial

Tutup dan buka kembali Instagram
Jika Instagram tidak memiliki masalah, maka masalahnya mungkin muncul dari aplikasinya. Coba tutup aplikasi Instagram dan buka kembali. Anda juga dapat mencoba keluar dan masuk kembali.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait