alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gempa yang Guncang Jogja Baru Saja Termasuk Jenis Gempabumi Dangkal

Galih Priatmojo Rabu, 13 Oktober 2021 | 13:51 WIB

Gempa yang Guncang Jogja Baru Saja Termasuk Jenis Gempabumi Dangkal
Ilustrasi gempa bumi. (Antara/ist)

gempa terasa di Jogja hingga sebagian wilayah Jawa Timur

SuaraJogja.id - Gempabumi tektonik mengguncang Pacitan, Jawa Timur pada Rabu (13/10/2021) pukul 12.00.47 WIB siang. Gempa yang tercatat memiliki kekuatan 4,8 magnitudo itu sampat terasa hingga wilayah DIY. 

"Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo M=4.8," kata Kepala Stasiun Geofisika (Stage) BMKG Yogyakarta, Ikhsan dalam keterangannya.

Dijelaskan Ikhsan, episenter gempabumi itu terletak pada koordinat 8,87 LS dan 110,97 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 78 km arah Baratdaya Pacitan - Jatim pada kedalaman 55 km. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Euroasia terhadap Lempeng Indoaustralia di selatan Jawa," terangnya.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Jogja yang Kini Tidak Diminati Warga Ibu Kota

Dampak dari gempa tersebut, kata Ikhsan, dirasakan di Pacitan, Wonogiri, Treggalek. Bahkan guncangan itu terasa hingga wilayah Gunungkidul, Bantul, Yogyakarta. 

"Hingga hari Rabu, 13 Oktober 2021 pukul 12.40 WIB, tidak tercatat gempa susulan (aftershock)," tuturnya. 

Ikhsan mengimbau masyarakat untuk tetap tenang serta tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," ucapnya.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5.0 Guncang Jogja, Pusatnya di Barat Daya Pacitan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait