alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Muncul Klaster Senam Sehat di Bantul, 14 Orang Positif Covid-19

Eleonora PEW Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:09 WIB

Muncul Klaster Senam Sehat di Bantul, 14 Orang Positif Covid-19
Ilustrasi senam. (Shutterstock)

Total pasien Covid-19 dari klaster senam adalah 14 orang.

SuaraJogja.id - Setelah klaster tilik, Bantul ketambahan lagi pasien positif Covid-19 dari klaster senam sehat.

Data terakhir hingga Kamis (14/10/2021), tercatat 14 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster senam sehat di Mbelan, Sidomulyo, Bambanglipuro, Kabupaten Bantul.

Kepala Puskesmas Bambanglipuro Tarsisius Glory menyampaikan, ada tambahan lima kasus terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga total pasien Covid-19 dari klaster senam adalah 14 orang.

“Kami sudah menggelar uji swab PCR terhadap orang yang kontak erat. Dari 13 yang menjalani tes, ada lima yang positif,” kata Glory, Kamis (14/10/2021).

Baca Juga: 9 Orang Positif Covid-19 dari Klaster Tilik Bantul, 7 Dipindah ke RSLKC

Saat ini, lanjut Glory, tiga orang dari 14 orang terkonfirmasi positif Covid-19 sudah dirujuk ke Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 (RSLKC). Sebanyak tiga orang itu mengalami gejala tertentu.

“Untuk itu kami rujuk mereka ke RSLKC,” jelasnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul Sri Wahyu Joko Santosa menyampaikan kasus lain di Sanden. Oki, panggilan akrab Sri Wahyu Joko Santosa, mengungkapkan klaster tilik muncul seusai salah seorang warga menjalani operasi di RS Bethesda Kota Jogja.

Warga itu dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Pihak rumah sakit meminta pasien tersebut menjalani isolasi mandiri. Sayangnya, warga sekitar pasien itu menjenguk.

Di sisi lain, keluarga tidak terbuka menyampaikan bahwa pasien tersebut terkonfirmasi positif Covid-19. Alhasil petugas melaksanakan tes swab PCR Covid-19 kepada 34 orang yang menjenguk. “Hasilnya 8 positif,” ungkapnya.

Baca Juga: Antisipasi Klaster COVID-19 di PON, Pemprov DKI Siapkan Lokasi Isolasi Bagi Atlet

Saat ini, puskesmas Sanden sedang melaksanakan tes swab PCR Covid-19 terhadap 22 orang. Mereka itu kontak erat keluarga delapan pasien Covid-19 dari klaster tilik di Gokerten, Srigading, Sanden. “Dan, saat ini mereka dijadwalkan menjalani tes swab PCR di Puskesmas Sanden,” katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait