alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Pertanyaan Tes Wawancara Kerja dan Cara Menjawabnya

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:13 WIB

10 Pertanyaan Tes Wawancara Kerja dan Cara Menjawabnya
Dok: Pixabay

Ceritakan tentang diri adalah salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan.

SuaraJogja.id - Untuk mendapatkan pekerjaan yang stabil, tentu ada berbagai proses yang harus dilewati. Setelah mengirimkan surat lamaran kerja, beberapa perusahaan akan mengadakan beberapa tahap lamaran kerja salah satunya adalah tahap tes wawancara kerja. Tahap ini biasanya menjadi tahap penentu apakah pelamar kerja bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut atau tidak. Hal inilah yang membuat banyak pelamar kerja mempersiapkan diri dengan matang agar bisa lolos dari tahap ini dan diterima bekerja.

10 Pertanyaan Saat Interview Kerja dan Cara Menjawabnya

Persiapan yang dilakukan untuk bisa lolos dalam tahap wawancara pada dasarnya cukup beragam. Namun salah satu persiapan yang cukup banyak dilakukan adalah mencari informasi mengenai pertanyaan yang sering muncul dalam wawancara kerja serta cara menjawabnya. Berikut ini beberapa informasi pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya yang bisa Anda perhatikan.

Pertanyaan 1: “Ceritakan tentang diri Anda”

Baca Juga: 5 Kesalahan Umum saat Wawancara Kerja, Jangan Datang Terlalu Awal!

Jawaban: Ceritakan secara singkat profil diri Anda dan ceritakan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Jangan menceritakan kehidupan pribadi kecuali diminta oleh pewawancara. Jika diminta untuk menceritakan kehidupan pribadi, usahakan agar tidak menceritakan hal-hal yang sensitif dan menyinggung pihak lain.

Pertanyaan 2: “Mengapa kami harus merekrut Anda?”

Jawaban: Berikan jawaban dengan cara menjabarkan keahlian dan pengalaman yang Anda miliki serta berkaitan dengan posisi kerja yang dilamar. Pilih tata bahasa yang tepat agar Anda tidak terkesan pamer atau terlalu membanggakan keahlian Anda.

Pertanyaan 3: “Apa kelebihan dan kekurangan Anda?”

Jawaban: Sebutkan kelebihan Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar seperti mahir bekerja secara berkelompok hingga mahir berkomunikasi dengan orang baru. Saat menyebutkan kekurangan Anda, pilihlah kekurangan yang berhubungan dengan pekerjaan lalu sebutkan langkah apa saja yang telah Anda lakukan untuk mengubah kekurangan tersebut menjadi sebuah kelebihan.

Baca Juga: Bikin Belanja Makin Untung, Blibli Rilis Kartu Kredit Kolaborasi Bareng BCA

Pertanyaan 4: “Mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini?”

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait