alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Dampak Buruk Posisi Tidur Miring Kanan dan Tengkurap, Hindari demi Kesehatan

Eleonora PEW Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:15 WIB

5 Dampak Buruk Posisi Tidur Miring Kanan dan Tengkurap, Hindari demi Kesehatan
Ilustrasi Tidur. [pexels.com]

Bukan hanya punggung, wajah dan payudara bisa mengalami dampak buruk dari posisi tidur yang tak tepat.

SuaraJogja.id - Selain kenyamanan, posisi tidur juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan. Berbagai masalah kesehatan bisa dipicu makin parah oleh posisi tidur yang tidak tepat.

Artinya, orang tidak hanya membutuhkan posisi tidur yang nyaman. Orang juga perlu memikirkan posisi tidur yang aman untuk kesehatan.

Dalam hal ini, posisi tidur miring ke kanan dan tengkurap tidak disarankan. Hal itu karena posisi tidur tersebut bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Dilansir Brightside, berikut ini masalah kesehatan yang berhubungan dengan posisi tidur salah, seperti tidur miring kanan dan tengkurap.

Baca Juga: Posisi Tidur yang Aman untuk Ibu Hamil, Hindari Telentang

1. Perut mulas

Tidur dengan posisi tubuh miring ke kanan dapat menyebabkan masalah Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau memperburuk masalah ini. Kondisi terjadi ketika asam dan isi dari lambung naik ke kerongkongan.

Katup yang mencegah asam keluar kembali dari lambung tidak dapat mengontrol refluks karena gravitasi pada posisi ini dan isi lambung dibawa ke dasar kerongkongan. Akibatnya, itu bisa menyebabkan mulas, kesusahan, rasa asam di dalam perut.

Lebih baik tidur miring ke kanan karena posisi tidur ini bisa mengurangi risiko perut mulas dan membuat GERD lebih lega.

2. Sakit punggung

Baca Juga: Praktekkan 2 Posisi Ini Agar Tidur Lebih Berkualitas

Tekanan pada punggung dan tulang belakang sepanjang malam dalam posisi tidur miring ke kanan bisa menyebabkan sakit punggung. Karena itulah, terkadang tubuh seperti mati rasa atau butuh peregangan jika ingin mengubah posisi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait