facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Soroti Kecelakaan yang Tewaskan Vanessa Angel, Peneliti UGM Sebut Ada 4 Pemicu Laka di Tol

Galih Priatmojo Senin, 08 November 2021 | 20:29 WIB

Soroti Kecelakaan yang Tewaskan Vanessa Angel, Peneliti UGM Sebut Ada 4 Pemicu Laka di Tol
Mobil Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah yang mengalami kecelakaan di Tol Jombang, Jawa Timur, Kamis (4/11/2021). [istimewa]

Vanessa Angel dan suami Bibi Ardiansyah tewas seketika dalam kecelakaan tunggal di Tol Jombang

SuaraJogja.id - Kecelakaan fatal di Tol Jombang yang menewaskan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah disebabkan oleh empat faktor. Hal tersebut diungkap oleh Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) Universitas Gadjah Mada atau UGM Iwan Puja Riyadi.

Dikutip dari Antara, peneliti UGM tersebut mengungkapkan empat faktor yang kerap menjadi penyebab kecelakaan kendaraan di jalan bebas hambatan atau jalan tol.

"Kecelakaan yang terjadi pada umumnya tidak hanya disebabkan oleh satu faktor, melainkan hasil interaksi antarfaktor," kata Iwan, Senin (8/11/2021).

Empat faktor yang dimaksud Iwan yakni pengemudi, kendaraan, lingkungan jalan, serta cuaca.

Baca Juga: Permainan Ideal untuk Anak Menurut Psikologi UGM

Faktor pengemudi yang bisa menjadi penyebab kecelakaan, menurut dia, misalnya kondisi pengemudi yang sedang mengantuk, tidak fokus, atau kelelahan, menyetir di bawah pengaruh obat-obatan, narkotika, alkohol, atau menyetir sambil melihat gawai baik telepon genggam atau tablet.

Selain itu, lanjut dia, kecelakaan bisa disebabkan pengemudi yang belum menguasai teknik menyetir, atau melakukan kesalahan bereaksi saat menyetir baik panik atau reaksi yang terlalu lambat.

"Hal yang penting adalah mengutamakan konsentrasi penuh sang pengemudi sebelum berkendara," ujar Iwan.

Ia mengatakan seorang pengemudi yang berkendara di jalan bebas hambatan harus mampu mengontrol laju kendaraan sebab selama ini banyak kecelakaan terjadi lantaran pengemudi melajukan mobilnya melebihi batas kecepatan yang diperbolehkan sehingga kehilangan kendali.

Meski melaju di jalan bebas hambatan, menurut dia, bukan berarti seorang pengemudi bisa bebas melajukan kendaraannya melampaui batas kecepatan yang telah ditentukan.

Baca Juga: Banjir Kota Batu, Pakar UGM: Ada Gangguan Ekosistem

"Batasan tersebut tentunya sudah diperhitungkan agar aman saat dilintasi kendaraan. Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan dan bukan jalan di mana pengemudi dengan bebas memacu kecepatan," tutur Iwan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait