alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Makanan Khas Jawa, Mulai dari Gudeg hingga Lontong Balap

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 12 November 2021 | 17:15 WIB

10 Makanan Khas Jawa, Mulai dari Gudeg hingga Lontong Balap
Resep Nasi Liwet Solo. (Screenshoot YouTube Indonesia Kaya)

Tak terkecuali makanan khas Jawa yang juga memiliki rasa yang lezat dan enak disantap.

SuaraJogja.id - Indonesia terkenal dengan aneka ragam kuliner tradisional yang mempunyai cita rasa yang khas. Tak terkecuali makanan khas Jawa yang juga memiliki rasa yang lezat dan enak disantap.

Sejumlah kalangan dari berbagai daerah gemar dengan makanan khas. Sebab rasanya sangat lezat dan menggugah selera. Bahan-bahan yang digunakan untuk memasak berasal dari rempah-rempah khas.

Rasa masakan khas jawa beraneka ragam, mulai dari pedas, manis serta perpaduan antar rasa. Sebab masing-masing daerah di Jawa juga mempunyai ciri khas sendiri. Maka dari itu ketika kamu berkunjung ke jawa, baik ke Jawa Tengah, Jawa Timur maupun Yogyakarta bisa mencicipi makanan khas nya yang sangat lezat di lidah.

Berikut daftar masakan khas jawa yang bisa kamu coba:

Baca Juga: Sepak Bola Peparnas Papua: Jawa Barat Sabet Perunggu, Begini Komentar Pelatih

1. Gudeg

Gudeg merupakan makanan yang sangat terkenal dan menjadi ikon kuliner khas Yogyakarta. Hampir di setiap sudut kota Jogja terdapat penjual gudeg. Makanan tradisional berbahan dasar nangka muda ini mempunyai rasa manis. Nangka muda itu dimasak dengan santan, gula dan daun, sehingga warnanya cokelat.

Gara bumbu yang dibuat meresap, dibutuhkan waktu berjam-jam untuk memasaknya. Biasanya gudeg disajikan dengan sayur krecek, telur bacem, tahu ayam kampung dan santan kental.

2. Lontong Balap

Sekilas namanya cukup unik kuliner khas jawa satu ini. Diberi nama lontong balap karena dulu para penjual lontong biasanya membawa dagangan keliling kota. Kemudian para pedagang jalannya kencang, sehingga disebut dengan lontong balap.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Sunda dengan Cita Rasa Lezat Khas yang Ngangenin

Isi dari lontong balap yakni lontong, tauge, tahu goreng, lenthok, kecap, bawang goreng, sambal. Siraman kuahnya memiliki rasa manis, asin dan gurih.

3. Nasi Liwet

Di jawa, Nasi Liwet bisa ditemukan di daerah Solo. Nasi liwet di Solo sangat berbeda dengan nasi liwet yang ada di daerah Sunda. Nasi liwet di Jawa disajikan dengan potongan ayam yang gurih dipadukan dengan sayur kuning labu siam. Untuk memasak nasinya tidak jauh beda dengan memasak nasi uduk pada umumnya. Para penjual nasi liwet banyak ditemui di sudut-sudut Kota Solo dan sekitarnya.

4. Nasi Gandul

Nasi Gandul merupakan makanan khas Pati, Jawa Tengah. Nasi Gandul terdiri dari nasi putih, telur, daging sapi serta kuah santan bumbu kuning. Akan lebih nikmat ketika kamu menyantapnya dengan kerupuk. Biasanya nasi ini dihidangkan di atas daun pisang, sehingga aroma sedapnya menggoda.

5. Nasi Pecel

Bagi masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan Nasi Pecel, sebab makanan ini sudah sangat populer hingga mancanegara. Nasi pecel merupakan makanan khas dari Jawa Timur, kamu akan banyak menemui nasi pecel ketika berada di Surabaya, Malang, Jember, Madiun dan daerah lainnya.

Nasi pecel terdiri dari nasi dengan sayuran yang direbus dan diberi lauk. Kemudian diberi bumbu kacang yang sedikit pedas. Biasanya makanan ini dinikmati dengan peyek. Di Madiun, pecel khas daerah sana ditambah jeruk purut pada bumbu kacangnya, sehingga membuat aromanya menjadi khas. Pecel bisa kamu nikmati pada sarapan, siang maupun makan malam.

6. Rujak Cingur

Kuliner asal Jawa Timur ini sudah dikenal banyak orang. Rujak Cingur terdiri dari potongan buah-buahan yang diberi Cingur (mulut sapi), sayur-sayuran dan tahu. Sedangkan bumbu makanan ini terdiri dari cabe, petis, gula merah, bawang putih, kacang goreng yang diulek bersamaan kemudian dicampur dengan rujak cingur.

Biasanya pendamping makanan ini adalah krupuk. Saat datang ke Jatim, khususnya Surabaya, jangan lupa untuk mencicipi rujak cingur.

7. Rawon

Rawon merupakan makanan khas Jawa yang berkuah. Makanan ini banyak ditemui saat kamu berkunjung ke Surabaya. Makanan ini terdiri dari irisan daging sapi empuk, kuah warna hitam dan kecambah mentah yang rasanya renyah. Biasanya rawon disajikan dengan nasi putih hangat, lauk pauk seperti tempe goreng dan telur asin.

8. Oseng Mercon

Sekilas namanya cukup unik ya? Karena ada istilah merconnya. Makanan ini bukan sebuah masakan yang dicampur petasan. Tapi oseng mercon merupakan olahan masakan yang ditumis dari tetelan daging sapi dengan bumbu pedas. Biasanya tetelan ini dicampur menggunakan koyor atau lemak daging sapi. Rasa pedas dari oseng mercon langsung bisa dirasakan meledak di mulut. Makanan ini merupakan salah satu variasi kuliner di Yogyakarta.

9. Semanggi

Semanggi merupakan makanan khas Surabaya. Makanan ini berbahan dasar rumput semanggi, saat membuat dicampur dengan kecambah. Kemudian dihidangkan dengan siraman bumbu yang berbahan dasar garam, cabai, gula, petis, kacang tanah dan ketela. Yang membedakan makanan ini dengan pecel adalah campuran petis dan ketela pada bumbu kacangnya. Biasanya makanan ini dijual oleh orang secara keliling.

10. Mie Lethek

Mie Lethek merupakan makanan khas Yogyakarta. Makanan ini tampilannya kusam, maka orang jawa menyebutnya “lethek”. Mie ini berbahan dasar tepung tapioka dan gaplek, kemudian diolah tanpa ada pengawet. Mie ini bisanya dimasak menggunakan anglo bakar arang. Makanan satu ini susah ditemukan, saat ke Yogyakarta harus ke daerah Bantul dulu.

Demikian deretan makanan khas Jawa yang bisa kamu cicipi. Cukup banyak jenis dan rasanya ya? Maka cobalah saat kamu sedang berada di Jawa.

Kontributor : Muhammad Aris Munandar

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait