alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pengertian Dasar Negara Serta Fungsi Pancasila

Dinar Surya Oktarini Jum'at, 26 November 2021 | 15:16 WIB

Pengertian Dasar Negara Serta Fungsi Pancasila
Fungsi Pancasila [suara.com/Oke Atmaja]

Berikut penjelasan lengkap mengenai pengertian dasar negara dan fungsinya.

SuaraJogja.id - Pancasila sebagai dasar negara terdiri dari 5 sila, sebagai warga Indonesia apakah kamu sudah mengenal serta mengetahui fungsi Pancasila?

5 sila Pancasila yakni Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Namun, masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak memahami pengertian dasar negara.

Maka dari itu dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai pengertian dasar negara dan fungsi Pancasila.

Ilustrasi Pancasila (shutterstock)
Ilustrasi Pancasila/ Fungsi Pancasila (shutterstock)

Pengertian Dasar Negara

Baca Juga: Kasus Bentrok Ormas di Pasar Lembang, Polisi Tetapkan Dua Tersangka Baru

Melansir dari buku berjudul Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMA/MA Kelas X oleh Titik Sumarni dan Joko Mumpuni (Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbud. 2021), dasar negara adalah ajaran atau teori berupa hasil pemikiran mendalam atau pemikiran filsafat tentang dunia dan kehidupan.

Hal ini termasuk di antaranya kehidupan bernegara di dalamnya, yang dijadikan pedoman dasar yang mengatur dan memelihara kehidupan bersama dalam sebuah negara. Jika sebuah negara tidak memiliki dasar maka bisa dikatakan bahwa negara tersebut tidak memiliki tujuan yang jelas dan tepat dalam membangun sebuah negara.

Fungsi dan Peranan Pancasila sebagai Dasar Negara

Melansir dari website resmi SMPN 3 Purbalingga, fungsi Pancasila tertuang dalam Tap MPR No. III/ MPR/2000 tentang Sumber Hukum Nasional dan Tata Urutan Perundangan yang menyebut bahwa Pancasila sebagai dasar negara.

Hal ini dimaksudkan bahwa Pancasila merupakan dasar negara yang penting untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan negara dari berbagai bidang seperti  ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

Baca Juga: Polisi Kembali Tetapkan Satu Orang Pengeroyok Perwira Polisi Saat Demo Ormas PP di DPR

Berikut ini tujuh fungsi Pancasila:

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait