facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fungsi Bronkiolus: Penyalur dan Pengontrol Oksigen Tubuh

Dinar Surya Oktarini Selasa, 30 November 2021 | 11:43 WIB

Fungsi Bronkiolus: Penyalur dan Pengontrol Oksigen Tubuh
Olahraga pernapasan. (Shutterstock)

Berikut proses pernapasan serta fungsi bronkiolus.

SuaraJogja.id - Proses pernapasan yag berlangsung dari hidung dan mulut lalu disalurkan ke paru-paru akan melalui berbagai bagaian organ pernapasan. Fungsi Bronkiolus di sini sangat berguna bagi organ pernapasan. Yuk simak informasi lebih lengkapnya. 

Urutan pernapasan sendiri dimulai dari hidung, trakea, bronkus, bronkiolus, dan alveolus. Setiap bagian organ pernapasan ini memiliki fungsi yang berbeda dan saling berpengaruh satu sama lain. 

Udara yang masuk dari hidung disalurkan melalui trakea yang akan diteruskan ke bronkus (percabangan saluran udara). Selanjutnya disalurkan ke percabangan yang lebih sempit yaitu bronkiolus. Proses terakhir di bagian alveolus sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida. Salah satu bagian penting yaitu bronkiolus, berikut disajikan informasi tentang fungsi dari bronkiolus dalam proses pernapasan

Ilustrasi meditasi pernapasan. (Riliv)
Ilustrasi meditasi pernapasan. (Riliv)

Bronkiolus merupakan cabang dari bronkus terusan dari trakea (tenggorokan) sebelum ke paru-paru. Secara garis besar bronkiolus berfungsi  menyalurkan udara maupun oksigen yang masuk ke dalam paru-paru. Mengontrol oksigen yang beredar di dalam tubuh. Berikut penjelasan tentang fungsi bronkiolus. 

Baca Juga: Sama-Sama Menyerang Saluran Pernapasan, Ini Perbedaan Influenza dengan Infeksi ILI

1. Penyalur saluran pernapasan 
Seperti yang kita ketahui udara yang masuk ke dalam hidung atau mulut disalurkan ke trakea sebelum sampai ke paru-paru. Namun sebelum itu harus melewati bronkus, bronkiolus, dan alveolus sebab kinerjanya saling berkaitan Bronkus sendiri berfungsi mengantarkan udara dari saluran napas atas ke dalam maupun keluar paru-paru. Selanjutnya Bronkiolus akan membawa udara yang kaya oksigen ke alveolus untuk proses pertukaran udara. Setelah itu bronkiolus mendorong kembali karbondioksida agar keluar dari paru-paru. Dengan kata lain bronkiolus merupakan batas antara alveolus dengan bronkus (percabangan trakea).

2. Mengontrol suplai oksigen ke dalam tubuh
Otot-otot halus yang menyusun bronkiolus akan bergerak menyempitkan dan melebarkan jalan pernapasan. Dengan begitu paru-paru bisa mengedarkan oksigen yang cukup ke darah. Jadi bronkiolus memastikan oksigen yang dialirkan ke tubuh sudah optimal. Sekalipun menghirup udara sebanyak mungkin, tidak semuanya masuk ke paru-paru. Sebab sudah dikontrol oleh bronkiolus. 

Begitulah penjelasan tentang fungsi utama dari bronkiolus dalam sistem pernapasan. Kesehatan pernapasan harus dijaga sedini mungkin dengan pola hidup sehat . Agar terhindar dari penyakit pernapasan seperti bronkitis, pneumonia, asma, tuberkulosis, dan lain sebagainya. 

Itulah tadi rincian fungsi bronkiolus dalam proses pernapasan. 

Kontributor : Cahya Hanifah

Baca Juga: Teknik Pernapasan Dalam Dapat Meredakan Kecemasan, Stres, hingga Nyeri Kronis

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait