alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fungsi Dioda: Penyetabil Tegangan Hingga Saklar

Pebriansyah Ariefana Selasa, 30 November 2021 | 13:10 WIB

Fungsi Dioda: Penyetabil Tegangan Hingga Saklar
Rangkaian Diode (UNY)

Prinsip kerja diode termionik ditemukan kembali oleh Thomas Edison pada 13 Februari 1880.

SuaraJogja.id - Dioda merupakan komponen aktif dua kutub bersifat semikonduktor. Dioda memperbolehkan arus listrik mengalir ke satu arah dan menghambat arus dari arah sebaliknya. Berikut akan dibahas fungsi dioda.

Prinsip kerja diode termionik ditemukan kembali oleh Thomas Edison pada 13 Februari 1880. Setelah itu Thomas Edison diberi hak paten pada tahun 1883. Hanya saja tidak dikembangkan lebih lanjut.

Dalam makalah UNY.ac.id, ada 3 jenis Diode, di antaranya:

1. Dioda Zenar

Baca Juga: Volvo Pamerkan Mobil Listrik Produksinya Anti Air, Diuji Masuk Tangki

Ini adalah dioda sambungan P-N dari Si atau Ge yang mendapatkan pengotongan banyak untuk prasikap balik, yang bekerja didaerah dadal (break down) dimana arus dibatasi oleh tahanan luar dan disipasi daya dari dioda.

2. LED atau Light Emiting Dioda

LED tidak akan mengeluarkan cahaya jika dipasang pada prasikap balik. Operasi LED pada arah balik akan menyebabkan LED cepat rusak. Penggunaan LED adalah untuk indikator, memasukkan informasi ke memori komputer optik, untuk penggunaan dalam komunikasi yang menggunakan kabel serat optik dan lain-lain.

3. Photodioda Sambungan P-N

Ini adalah dioda sambungan P-N yang jika dikenai cahaya tahanan baliknya berubah menjadi lebih kecil. Dalam gelap, tahanan baliknya sangat besar sehingga tidak menghantarkan arus listrik

Baca Juga: Layanan Tes Antigen yang Digerebek Polisi Gunakan Arus Listrik PJU Pemkot Medan Tanpa Izin

Fungsi Dioda

1. Untuk penyearah arus

Ini akan dibicarakan pada minggu yang akan datang

2. Untuk penyetabil tegangan

Menggunakan dioda Zener. Operasinya dalam rangkaian akan dibicara minggu depan.

3. Untuk indikator

Dapat menggunakan LED, misalnya untuk indikator angka-angka pada kalkulator menggunakan LED yang disusun sesuai peraga sevent segment

4. Sebagai saklar

Dapat menggunakan photo dioda sambungan P-N, misalnya digunakan sebagai saklar dari rangkaian yang menggerakan motor untuk menarik pintu garasi. Jika dioda kena sorot lampu mobil tahanannya baliknya turun sehingga terdapat arus yang menggerakkan motor melalui relay.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait