alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Apa Fungsi Usus Besar? dari Sekum hingga Anus

Pebriansyah Ariefana Rabu, 01 Desember 2021 | 13:02 WIB

Apa Fungsi Usus Besar? dari Sekum hingga Anus
Bagian dari usus besar. (http://repository.um-surabaya.ac.id/)

Dijelaskan jika usus besar terletak dari ujung distal ileum sampai anus. Panjang usus besar orang dewasa sekira 1,5 meter.

SuaraJogja.id - Dalam mencerna makanan kita memerlukan usus besar sebagai akhir dari sistem pencernaan manusia. Meski Sebagian besar proses pencernaan dan penyerapan dalam sistem pencernaan berada di usus halus. Namun usus besar punya fungsi penting. Apa fungsi usus besar? Berikut ulasannya.

Dalam pembahasan di makalah Universitas Muhammadiyah Surabaya, dijelaskan jika usus besar terletak dari ujung distal ileum sampai anus. Panjang usus besar orang dewasa sekira 1,5 meter. Usus besar memiliki lumen dengan diameter yang lebih besar dibanding usus halus.

Berikut bagian-bagian usus besar:

1. Caecum dan Appendix Vermiformis

Baca Juga: 5 Fungsi Usus Halus dalam Tubuh dan Risiko Masalah Kesehatan yang Menyertainya

Ini adalah struktur intraperitoniale dan bagian pertama dari usus besar. Pada dinding posteromedial melekat appendix vermiformis yakni di ujung ileum.

2. Colon

Colon ini terletak di superior caecum dan terdiri dari colon ascendens, colon transversum, colon descendens, dan colon sigmoideum. Terdapat flexura coli dextra di tempat pertemuan colon ascendens dan colon transversum, flexura coli sinistra berda di tempat pertemuan colon transversum dan colon descendens.

3. Rectum dan canalis analis

Rectum dan canalis analis merupakan lanjutan dari colon sigmoideum, daerah pertemuan rectosigmoideum terletak pada vertebra S3. Canalis analis merupakan lanjutan dari usus besar yang terletak di inferior rectum.

Baca Juga: Fungsi Anus, Buang Feses dari dalam Tubuh

Dikutip dari Alodokter, berikut fungsi usus besar berdasarkan anatominya:

1. Sekum

Sekum merupakan bagian usus besar berbentuk seperti kantong yang menghubungkan bagian akhir usus kecil (ileum) dengan usus besar.

2. Rektum

Rektum ini berfungsi menerima dan menyimpan limbah dari kolon hingga tiba saatnya dikeluarkan oleh tubuh melalui anus.

3. Kolon

Kolon berfungsi mencampur chyme dengan enzim pada saluran cerna agar menjadi tinja untuk dikeluarkan dari tubuh. Kolon harus menyerap kembali air dan elektrolit untuk membentuk tinja.

4. Anus

Anus ini bagian akhir dari pencernaan dengan tempat pembuangan kotoran dalam bentuk tinja.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait