alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fungsi Tulang Telapak Kaki: Penting Diketahui Agar Kuat Berdiri

Pebriansyah Ariefana Rabu, 01 Desember 2021 | 15:46 WIB

Fungsi Tulang Telapak Kaki: Penting Diketahui Agar Kuat Berdiri
Fungsi Tulang Telapak Kaki

Di kaki juga ada telapak kaki yang merupakan bagian penting, termasuk tulang telapak kaki. Apa fungsi tulang telapak kaki?

SuaraJogja.id - Kaki salah satu organ paling penting di tubuh manusia. Kaki untuk berjalan dan untuk berpindah tempat. Di kaki juga ada telapak kaki yang merupakan bagian penting, termasuk tulang telapak kaki. Apa fungsi tulang telapak kaki?

Dalam bergerak, telapak kaki didukung oleh adanya persendian yang dibentuk oleh tulang dan ligamen pada telapak kaki. Sendi-sendi itu di antaranya talocrural, subtalar, dan midtarsal.

Dikutip dari paper Universitas Muhammadiyah Malang, sendi talocrural adalah sendi pergelangan kaki yang berfungsi untuk pergerakan dorsofleksi atau jari-jari menunjuk keatas dan plantarfleksi atau jari-jari menunjuk ke bawah.

Ilustrasi Kaki Bersih (freepik)
Ilustrasi Kaki Bersih (freepik)

Sementara itu sendi subtalar adalah sendi posterior antara talus dan calcaneus yang bersamaan dengan sendi midtarsal membentuk gerakan inversio atau telapak kaki menghadap ke medial dan eversio atau telapak kaki menghadap ke lateral.

Baca Juga: Miris, Cewek Ini Rayakan Wisuda Sendirian, Warganet Nggak Tega Lihatnya

Paling tidak ada 4 fungsi tulang telapak kaki. Fungsi tulang telapak kaki.

Hanya saja sesuai dengan struktur atau anatominya, fungsi utama tulang telapak kaki adalah untuk menahan beban dan juga keseimbangan sesuai dengan permukaan.

Namun fungsi lainnya adalah:

  1. Menahan berat badan.
  2. Memberikan keseimbangan pada tubuh.
  3. Menyerap goncangan atau getaran.
  4. Mengganti fungsi tangan pada kondisi tertentu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait