alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Berkaitan dengan Jasa dan Produk, Ini Beberapa Fungsi Iklan

Dinar Surya Oktarini Rabu, 01 Desember 2021 | 16:24 WIB

Berkaitan dengan Jasa dan Produk, Ini Beberapa Fungsi Iklan
ilustrasi iklan TV/ Fungsi Iklan [shutterstock]

Fungsi iklan merupakan cara perusahaan mendorong orang untuk membeli produk, layanan atau ide yang ditawarkan.

SuaraJogja.id - Fungsi Iklan sangat berkaitan erat dengan majunya usaha baik produksi maupun jasa yang dikelola. Berkaitan erat pula dengan hubungan antara pemerintah dan masyarakat. Apa saja fungsinya dan seberapa penting periklanan?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) Iklan merupakan berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Beberapa sumber juga mengatakan bahwa iklan adalah cara perusahaan mendorong orang untuk membeli produk, layanan atau ide yang ditawarkan. Segala sesuatu yang menarik perhatian khalayak terhadap hal hal yang ditawarkan baik barang maupun jasa itulah yang disebut dengan iklan.

ilustrasi iklan media sosial
ilustrasi iklan media sosial/ Fungsi iklan

Penyampaikan iklan biasanya melalui media massa baik media elektronik, media cetak, dan radio.

Baca Juga: 5 Cara Agar Jualan Online di Instagram Laris Manis, Pakai Cara Ini

Jadi seberapa pentingkah iklan bagi para penjual jasa?

Seperti diketahui bahwa iklan merupakan sarana untuk memberitahukan khalayak mengenai barang atau jasa, maka penting untuk diketahui terlebih dahulu apa saja tujuan dari iklan:

1. Pemberi Informasi ( Informing )

Iklan bertujuan untuk memberikan informasi pasar bagi masyarakat sekitar sebagai penunjang kebutuhan hidup era kini. Sementara Iklan juga bertujuan memberitahukan informasi detail mengenai jasa dan produk sebuah perusahaan kepada para penikmat maupun pelanggannya.

Dalam kecanggihan teknologi saat ini, tak dapat dipungkiri kebutuhan disekeliling kita tak jauh dari media baik elektronik, cetak, radio bahkan media iklan seperti Youtube juga berperan penting sebagai sumber informasi. Hal itulah yang mendasari tujuan utama dari iklan.

Baca Juga: Makin Melokal, 5 Seleb Korea Ini Bintangi Iklan Produk Indonesia

2. Sebagai Perayu / Pembujuk ( Persuading )

Iklan juga memiliki tujuan sebagai Perayu atau membujuk konsumen agar bersedia menggunakan atau membeli barang dan jasa yang ditawarkan sebuah perusahaan. Semakin menarik dan informatif iklan, semakin banyak peluang untuk membujuk target pelanggan.

3. Sebagai Pengingat ( Reminding )

Iklan yang berkesinambungan juga memiliki tujuan mengingatkan selalu kepada target/ konsumen/ pelanggan untuk tetap setia menggunakan barang ataupun jasa yang ditawarkan.

4. Penambahan Nilai

Iklan memberikan tambahan nilai inovasi, menyempurnakan kualitas dan mengubah persepsi konsumen.

5. Mendampingi

Iklan memiliki tujuan mendampingi sekaligus mempermudah baik dari sisi konsumen dalam menemukan produk atau jasa terbaik sesuai kebutuhan maupun dari sisi perusahaan menemukan pasar yang tepat.

Setelah mengetahui beberapa tujuan dari sebuah iklan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa iklan memiliki peranan penting dan fungsi mutlak dalam era modern masa kini, baik bagi konsumen maupun perusahaan.

A. Fungsi Iklan Bagi Perusahaan dan Pemerintahan

-   Promosi dan Perkenalan produk

Iklan berfungsi untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk barang maupun jasa dari perusahaan kepada khalayak luas. Dengan adanya iklan maka target pelanggan maupun konsumen dapat mengetahui keunggulan, tujuan, manfaat dari produk itu sendiri.

-   Menarik Minat Konsumen

Iklan juga memiliki fungsi bagi perusahaan barang dan jasa yakni untuk menarik minat konsumen agar bersedia menggunakan produknya. Semakin menarik iklan tersebut semakin pula banyak konsumen yang akan menjadi pelanggan.

-   Memperluas Jaringan

Iklan menjadi jembatan untuk memperluas jaringan baik terhadap konsumen maupun partner dari usaha itu sendiri.

-   Adding Values

Mengubah persepsi khalayak baik atau buruk terhadap suatu produk barang dan jasa.

-   Reposition

Adalah berfungsi untuk merubah mindset atau pola pikir sekaligus pandangan masyarakat, konsumen terhadap suatu produk baik barang maupun jasa.

-   Informan

Berfungsi memberikan informasi kepada masyarakat tentang perkembangan sebuah pemerintahan berikut kebijakan yang dilakukan, kegiatan hingga progress update.

B. Fungsi Iklan Bagi Konsumen / Masyarakat

-   Awareness

Iklan dalam bentuk layanan masyarakat memiliki fungsi untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap sesuatu di sekitar hidupnya.

-   Penunjang Informasi

Bagi konsumen iklan merupakan penunjang informasi yang berfungsi untuk menentukan pilihan produk maupun jasa yang akan diambil. Sebagai informasi juga mengenai sebuah barang jasa yang terkini dengan segala kegunaan dan keunggulannya.

-   Pembanding

Iklan juga turut menjadi pembanding masyarakat dalam memilih suatu produk barang maupun jasa ditengah banyaknya pilihan yang ada.

Iklan yang beredar juga memiliki karakteristik tersendiri, di antaranya :

ilustrasi iklan TV [shutterstock]
ilustrasi iklan TV/ Fungsi iklan [shutterstock]

1. Memiliki Isi yang jelas, singkat, jujur, menarik perhatian, objektif dan tidak menyinggung pihak pesaing atau pihak lawan.

2. Bersifat memberi informasi dan menerangkan dengan jelas tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami khalayak, semakin mudah bahasa yang disampaikan, akan semakin mengena di hati pelanggan.

4. Dikemas semenarik mungkin agar masyarakat yang melihat tertarik dan berniat menggunakannya.

5. Bersifat mengajak khalayak agar bersedia menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.

Jenis jenis iklan sendiri juga terbagi menjadi beberapa bagian :

1. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan ini berasal dari lembaga atau instansi resmi berisi informasi sosial atau pencerahan kepada masyarakat terhadap isu atau tema tertentu.

2. Iklan Pengumuman atau pemberitahuan

Iklan ini berisi pengumunan yang ditujukan kepada masyarakat tertentu dalam sebuah perhelatan atau acara.

3. Iklan Permintaan

Biasanya merupakan iklan lowongan pekerjaan atau kerjasama dengan tujuan masyarakat yang melihatnya bersedia bekerja atau menjalin kerjasama dengan pihak pengiklan.

4. Iklan Penawaran atau Niaga

Merupakan iklan yang berisi tawaran barang atau jasa bagi masyarakat luas.

Itulah pentingnya fungsi iklan bagi kehidupan era kini, baik untuk perusahaan, pemerintahan maupun masyarakat. 

Kontributor : Jeffri Jeff

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait