alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mengenal Ragam Fungsi Bahasa dalam Kehidupan Manusia

Risna Halidi Senin, 06 Desember 2021 | 11:51 WIB

Mengenal Ragam Fungsi Bahasa dalam Kehidupan Manusia
Ilustrasi: Mengenal Ragam Fungsi Bahasa dalam Kehidupan Manusia (Shutterstock)

Dalam sejarahnya, manusia telah berbahasa sejak dini.

SuaraJogja.id - Fungsi bahasa dalam kehidupan manusia yaitu sebagai alat komunikasi. Bahasa berperan penting dalam kehidupan manusia. Berkomunikasi dianggap sebagai sesuatu yang lazim sehingga jarang sekali dipikirkan, seperti halnya berjalan dan bernafas.

Jika diperhatikan lebih jauh, pengaruh penggunaan bahasa terhadap kehidupan manusia begitu erat.

Sehingga tidak jarang perselisihan yang terjadi dalam masyarakat atau dengan perkataan lain adanya gejala-gejala yang muncul dalam kehidupan manusia diantaranya disebabkan oleh bahasa.

Dalam sejarahnya manusia telah berbahasa sejak dini. Dan dalam perkembangan bahasanya inilah yang membedakan manusia dari makhluk lain. Pada dasarnay manusia memiliki sistem simbol untuk berkomunikasi.

Baca Juga: 15 Ucapan Selamat Tahun Baru 2022 Dalam Bahasa Inggris dan Harapan di Tahun Depan

Namun, manusia sejak dilahirkan tidak langsung dapat berbahasa. Ia harus melalui proses interaksi terlebih dahulu dengan orang lain yang berbahasa seperti dirinya.

Kegiatan inialh yang dapat membuat kemampuan berbahasanya berkembang.

Sementara itu, fungsi bahasa yang digunakan tentunya didasarkan atas tujuan kita berkomunikasi.

Berbeda tujuan akan berbeda pula alat atau bahasa komunikasi itu. baik dari segi bentuk maupun isinya (sifatnya).

Berikut ini Fungsi Bahasa:
1. Fungsi Interpersonal
Kemampuan untuk membina dan menjalin hubungan kerja dan hubungan sosial denqan orang lain. Hubunqan ini membuat hidup kita dengan orang lain menjadi baik dan menyenangkan.

Baca Juga: 30 Ucapan Tahun Baru 2022 dalam Bahasa Inggris Terbaru

2. Fungsi Direktif
Fungsi ini memungkinkan kita untuk mengajukan permintaan, memberi saran, membujuhk, menyakinkan dan sebagainya. Hal ini menjadikan semua keinginan kita bisa dikomunikasikan dengan baik.

3. Fungsi Referensial
Fungsi ini berhubungan dengan kemampuan untuk penulis atau berbicara tentang lingkungan kita yang terdekat dan juga mengenai fungsi metalinguistik.

4. Fungsi Imajinatif
Fungsi ini berhubungan denqan kemampuan untuk menyusun ritme baik bahasa lisan maupun tulis.Tidak semua manusia bisa menerapkan fungsi ini, kecuali bagi mereka yang memiliki talenta terhadap fungsi ini .

Adapun fungsi bahasa dalam hubungan aspek kehidupan masyarakat. Bahasa sebagai alat komunikasi mempunyai peranan yang cukup penting, terutama dalam kebudayaan, etika atau moral dan agama.

Itulah tadi uraian mengenai fungsi bahasa dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu hendaknya kita menggunakan bahasa yang baik agar tidak terjadi salah paham.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait