facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fungsi Rongga Mulut Dalam Sistem Pencernaan Manusia hingga Makanan ke Usus Besar

Pebriansyah Ariefana Senin, 13 Desember 2021 | 12:33 WIB

Fungsi Rongga Mulut Dalam Sistem Pencernaan Manusia hingga Makanan ke Usus Besar
Ilustrasi membuka mulut. (Shutterstock)

Sistem pencernaan turut dibantu tiga organ yang berada di luar saluran pencernaan. Organ tersebut adalah pankreas, hati dan kandung empedu.

SuaraJogja.id - Berikut ini penjelasan mengenai fungsi rongga mulut. Rongga ini merupakan awal dari sistem pencernaan manusia, untuk kemudian menempuh perjalanan sepanjang 10 meter menuju usus besar.

Saluran pencernaan, seperti dikutip dari buku Sistem Pencernaan yang ditulis Khamim, S.Pd, terdiri dari mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan anus.

Sistem pencernaan turut dibantu tiga organ yang berada di luar saluran pencernaan. Organ tersebut adalah pankreas, hati dan kandung empedu.

Dalam artikel ini, kita akan fokus membahas fungsi rongga mulut, apa saja bagiannya dan bagaimana cara kerjanya. Simak ulasan berikut ini:

Baca Juga: Fungsi Sistem Pencernaan: Menerima Makanan Hingga Menyerap Zat Gizi

Awal Sistem Pencernaan

Mulut merupakan rongga terbuka tempat masuknya makanan dan air. Mulut terletak di bagian kepala dan umumnya menjadi bagian awal dari sistem pencernaan.

Bagian dalam dari mulut dilapisi selaput lendir. Saluran dari kelenjar liur, yang berada di pipi, bawah lidah dan bawah rahang ini mengalirkan isinya ke dalam mulut. Di dasar mulut, terdapat lidah yang berfungsi merasakan dan mencampur makanan.

Pengecapan dirasakan organ perasa yang terdapat di permukaan lidah. Lalu, penciuman dirasakan oleh saraf olfaktorius yang ada di hidung. Pengecapan relatif sederhana, terdiri dari manis, asam, asin dan pahit.

Sementara penciuman lebih rumit, karena terdiri dari berbagai macam bau. Di belakang dan di bawah mulut terdapat tenggorokan atau faring.

Baca Juga: Makanan untuk Penderita Asam Lambung, Ini Daftar Lengkap Anjuran dan Larangannya

Fungsi Gigi di Rongga Mulut

Di dalam rongga mulut, terdapat gigi yang terdiri dari gigi taring, gigi seri samping, gigi seri tengah, gigi premolar dan gigi geraham.

Gigi depan atau bernama incisivus berfungsi memotong-motong makanan. Lalu gigi belakang atau geraham berfungsi mengunyah makanan untuk menjadi bagian-bagian kecil yang lebih mudah dicerna.

Makanan yang telah menjadi bagian-bagian kecil dibungkus ludah dari kelenjar ludah dengan enzim-enzim pencernaan dan mulai mencernanya.

Fungsi Ludah di Rongga Mulut

Ketika makan, aliran dari ludah membersihkan bakteri yang dapat menyebabkan pembusukan gigi dan kelainan lainnya. Ludah juga turut mengandung antibodi dan enzim, seperti lisozim, yang memecah protein dan menyerang bakteri secara langsung.

Makanan ini akan berjalan menuju tenggorokan. Dalam tenggorokan, terdapat katup spiglotis yang terdapat di sisi kanan dan kiri tenggorokan. Spiglotis berfungsi agar makanan tidak masuk dalam trakea dan paru-paru.

Tak kalah penting dari spiglotis, bagian atap dari mulut sebelah belakang atau palatum mole, terangkat agar makanan tidak masuk ke dalam hidung.

Sistem Setelah Rongga Mulut

Setelah melewati rongga mulut dan tenggorokan, makanan akan berjalan menuju kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan anus.

Makanan akan dipilah, mana yang dibutuhkan oleh tubuh dan mana yang tidak dibutuhkan. Proses itu terjadi di usus halus ketika makanan bertemu dengan enzim dan zat lain, seperti cairan empedu yang berasal dari sel-sel usus, empedu, hati dan pankreas.

Zat tersebut memecah karbohidrat, lemak dan protein, untuk diolah menjadi senyawa yang diserap dan dimanfaatkan tubuh sebagai energi. Proses penyerapan terjadi di usus halus.

Sementara makanan yang tidak dibutuhkan akan berlanjut ke usus besar dan diolah menjadi feses, dan dibuang dari anus. Anus sendiri sejatinya merupakan bagian dari usus besar, seperti halnya rektum, tempat feses berkumpul sebelum dikeluarkan lewat anus.

Demikian pembahasan mengenai fungsi rongga mulut, yang dikutip dari buku Sistem Pencernaan, halaman 1-4, yang ditulis Khamim, S.Pd. Semoga bisa menambah pengetahuan tentang sistem pencernaan, terutama mulut.

Kontributor : Lukman Hakim

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait