facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Yuk Jaga Kesehatan, Ketahui Kebiasaan dan Jenis Makanan untuk Asam Lambung

Risna Halidi Selasa, 28 Desember 2021 | 09:09 WIB

Yuk Jaga Kesehatan, Ketahui Kebiasaan dan Jenis Makanan untuk Asam Lambung
Ilustrasi Makanan untuk Asam Lambung (Elements Envato)

Untuk mengatasi asam lambung, ada beberapa jenis makanan yang bisa meredakan kadar asam pada lambung.

SuaraJogja.id - Makanan untuk asam lambung. Asam lambung merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap sepele. Jika sudah kambuh, asam lambung bisa mengakibatkan muntah. Ini terjadi akibat saluran pencernaan yang menghubungkan antara mulut dan lambung yang mengalami iritasi.

Selain itu, asam lambung juga bisa menganggu aktivitas sehari-hari seperti bekerja, karena cenderung mengakibatkan nyeri pada bagian ulu hati atau mulas pada bagian dada bagian bawah.

Untuk mengatasi asam lambung, ada beberapa jenis makanan yang bisa meredakan kadar asam pada lambung.

Namun sebelum mengetahui apa saja makanan untuk asam lambung, kita ulas terlebih dahulu sejumlah penyebab terjadinya asam lambung, diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Viral Pegawai Minimarket Hobi Makan Snack Kucing, Alasannya Bikin Ngelus Dada

Ilustrasi penyakit GERD dan asam lambung. (Shutterstock)
Ilustrasi penyakit GERD dan asam lambung. (Shutterstock)

1. Jadwal Makan Malam yang Tidak Teratur
Untuk mengatasi asam lambung sebaiknya hindari makan dua jam sebelum tidur. Selain itu makanlah secara teratur agar lambung dapat bekerja dengan baik dalam mencerna makanan yang dikonsumsi sesuai waktunya.

2. Menjalani Gaya Hidup yang Tidak Sehat
Hindari gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, meminum minuman beralkohol, kopi hingga minuman bersoda. Jika hal tersebut masih sering dilakukan, maka akan memicu asam lambung menjadi sering naik.

3. Terlalu Banyak Makan
Bukan hanya telat makan, peyebab utama asam lambung adalah kekenyangan. Karena semakin banyak makan, maka produksi asam lambung pun akan semkain naik.

4. Kelebihan Berat Badan atau Obesitas
Ketika seseorang mengalami kenaikan berat badan maka lemak perut yang berlebih akan menekan area perut sehingga beresiko terjadinya asam lambung naik.

5. Ngemil Sebelum Tidur
Ngemil sebelum tidur sebenarnya bukan masalah yang besar. Namun kita tetap harus tetap memperhatikan porsinya agar tidak terlalu berlebihan, sehingga bisa mengakibatkan asam lambung naik.

Baca Juga: 6 Makanan Khas India Terpopuler di Berbagai Negara, Kamu Wajib Cobain!

6. Sering Makan Pedas dan Asam
Kenyataannya makanan pedas, asam dan berlemak dapat memicu produksi asam lambung. Karena itu perhatikan kadar cabai pada makanan yang dikonsumsi.

Setelah mengetahui apa saja pemicu terjadinya asam lambung naik, ada sejumlah makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengontrol asam lambung.

Beberapa makanan tersebut di antaranya:

1. Oatmeal

Yuk Jaga Kesehatan, Ketahui Kebiasaan dan Jenis Makanan untuk Asam Lambung - 2
Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang kaya akan serat. Makanan jenis ini baik untuk mengatasi gejala penyakit asam lambung, karena mampu menyerap asam lambung sehingga menurunkan gejala refluk. Selain mengandung banyak serat, oatmeal juga bisa membuat kenyang lebih lama.

2. Jahe

Ilustrasi jahe (pixabay.com)
Ilustrasi jahe (pixabay.com)

Selain memberikan rasa hangat, jahe mampu mengurangi resiko naikya asam lambung karena kandungan anti-inflamasi yang dimiliki oleh jahe mampu mengatasi masalah pencernaan.

Agar bisa menikmati manfaatnya, anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dipotong atau diparut kemudian diseduh dengan hangat.

3. Lidah Buaya

gel lidah buaya (pixabay/mozo190)
 lidah buaya (pixabay/mozo190)

Kandungan yang ada di dalam lidah buaya bisa digunakan sebagai obat alami asam lambung. Lidah buaya bisa dikonsumsi dengan cara dibuat minuman agar lebih mudah mendapatkan khasiatnya.

4. Sayuran Hijau

Ilustrasi brokoli sayuran hijau (Pixabay)
Ilustrasi brokoli sayuran hijau (Pixabay)

Brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus memiliki kandungan yang dapat menurunkan asam lambung sehingga baik dikonsumsi untuk orang yang menderita asam lambung.

5. Daging Tanpa Lemak

Yuk Jaga Kesehatan, Ketahui Kebiasaan dan Jenis Makanan untuk Asam Lambung - 6
Ilustrasi daging tanpa lemak

Makanan berlemak dan berminyak tidak disarankan bagi penderita asam lambung. Jika ingin mengkonsumsi daging, ikan ataupun makanan laut disarankan memilih yang tanpa lemak, tanpa kulit dan diolah dengan cara dikukus, direbus ataupun dibakar.

6. Pisang

Ilustrasi buah pisang.[Pixabay]
Ilustrasi buah pisang.[Pixabay]

Kandungan pH sekitar 5,6 dalam pisang menjadikan buah ini sebagai salah satu makanan terbaik yang dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

7. Roti Gandum

Ilustrasi roti gandum. (Pixabay/x120571476)
Ilustrasi roti gandum. (Pixabay/x120571476)

Untuk memilih roti disarankan roti yang memiliki kandungan gandum dan beragam biji-bijian di dalamnya. Roti jenis ini dapat mengandung banyak vitamin, serat dan nutrisi yang baik bagi kesehatan lambung.

Demikian ulasan mengenai asam lambung serta makanan untuk asam lambung yang baik dikonsumsi jika asam lambung naik. Semoga menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua

Kontributor : Damayanti Kahyangan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait