facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ragam Ramuan Herbal Ampuh untuk Obat Sakit Perut, Salah Satunya Rebusan Beras

Nur Afitria Cika Handayani Selasa, 28 Desember 2021 | 13:46 WIB

Ragam Ramuan Herbal Ampuh untuk Obat Sakit Perut, Salah Satunya Rebusan Beras
Ilustrasi sakit perut. (Pixabay)

Air beras dipercaya mampu menjadikan obat sakit perut secara alami.

SuaraJogja.id - Sakit perut bisa terjadi pada siapapun. Banyak faktor pemicu mengapa seseorang bisa mengalami sakit perut.

Bisa dari makanan pedas atau makanan yang tidak higienis. Ada beberapa sakit perut yang dirasakan seperti perih, perut serasa ditusuk-tusuk, diperas, bahkan seperti ditekan-tekan.

Sakit perut ringan, bisa di atasi dengan minum obat. Namun apabila kondisi parah, maka sebaiknya kita memeriksakan diri ke dokter untuk penangan lebih lanjut.

Jika sakit perut yang dirasa ringan, bisa dicoba beberapa resep herbal obat sakit perut yang mampu meredakan nyeri pada perut, di antaranya adalah:

Baca Juga: 4 Obat Sakit Perut Ala Rumahan, Bisa Bantu Atasi Gejala

1. Jahe

Jahe mengandung bahan alami yang berfungsi mengendurkan otot-otot pada lapisan perut dan dinding usus. Karena itu jahe bisa membantu meringankan kram perut atau sakit perut karena kolik. Jahe juga mampu meredakan peradangan.

Ilustrasi jahe (pixabay) / jmexclusives.
Ilustrasi jahe (pixabay) / jmexclusives.

Untuk mengobati sakit perut menggunakan jahe, caranya cukup mudah. Potong jahe dan campurkan pada minuman hangat anda seperti teh. Atau juga bisa langsung dikunyah bila lidah anda cukup kuat.

2. Pappermint

Kandungan mentol yang cukup pada peppermint, selain bisa digunakan untuk menjaga pernafasan, bisa digunakan juga sebagai analgesic atau pereda nyeri pada perut.

Baca Juga: 8 Penyebab Kucing Muntah yang Wajib Dipahami, Lakukan Hal Ini Sebagai Langkah Pencegahan

Sama hal nya seperti jahe, pappermint bisa ditambahkan pada minuman hangat atau resep makanan anda. Jika suka, Anda juga bisa mengunyahnya secara langsung. Pappermint juga mampu mengatasi sakit perut pada wanita yang sedang mengalami haid.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait