facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menjelang Tahun Baru, Penginapan di Kaliurang Habis Dipesan

Galih Priatmojo | Rahmat jiwandono Kamis, 30 Desember 2021 | 20:50 WIB

Menjelang Tahun Baru, Penginapan di Kaliurang Habis Dipesan
Ilustrasi penginapan. (Pixabay/Davidlee)

hotel-hotel tidak diizinkan membuat acara perayaan tahun baru meski boleh beroperasi.

SuaraJogja.id - Reservasi di hotel ataupun vila yang ada di Kaliurang, Kabupaten Sleman sudah penuh dipesan wisatawan mendekati Tahun Baru 2022. Ini berbanding terbalik dengan tingkat reservasi kamar hotel yang ada di perkotaan Jogja.

Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Wahyu Wikan Trispratiwi menjelaskan, penyebab reservasi tempat penginapan di Kaliurang mencapai 100 persen karena wisatawan memilih merayakan tahun baru bersama keluarga. Sebab, jika mereka menginap di hotel maka tidak ada event malam pergantian tahun.

"Mengacu aturan pemerintah kan hotel-hotel tidak diizinkan membuat acara perayaan tahun baru meski boleh beroperasi. Sehingga wisatawan memilih tempat lain yang bisa merayakan tahun baru," kata Wikan kepada SuaraJogja.id, Kamis (30/12/2021).

Selain di daerah Kaliurang, tempat penginapan yang menawarkan pemandangan alam yang berada di Kabupaten Bantul, Gunungkidul, dan Kulon Progo juga laris dipesan. Sekali lagi, menurutnya, itu lantaran masyarakat berada dalam ketidakpastian menyangkut aturan PPKM selama Natal dan Tahun Baru 2022.

Baca Juga: Bacok Korban Dua Kali, Pelaku Klitih di Jalan Kaliurang: Celurit Bikin Sendiri

"Mereka menunggu perkembangan situasi terkait rencana tersebut (PPKM Nataru). Misal ada wisatawan yang datang ke Jogja pakai pesawat terbang, pastinya mereka cari tempat wisata yang setidaknya bisa merayakan tahun baru," terangnya.

Walau wacana PPKM Nataru batal dilaksanakan namun wisatawan cenderung memilih berlibur ke destinasi yang syarat masuknya dinilai tidak merepotkan. Seperti penerapan ganjil genap di objek wisata tertentu.

"Jadi wisatawan lebih memilih ke tempat-tempat yang syaratnya enggak terlalu ribet seperti aturan ganjil genap," katanya.

Ia mengatakan, meski Jogja tidak ada penyekatan tetapi hotel dan restoran diminta untuk mengoptimalkan  penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

"Kami sudah siap terima tamu domestik ataupun mancanegara saat tahun baru besok," ucapnya.

Baca Juga: Sesosok Mayat Perempuan Ditemukan di Jalan Kaliurang, Polisi Lakukan Olah TKP

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait