facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Imlek 2022: Perbedaan Barongsai dan Liong

Pebriansyah Ariefana Minggu, 09 Januari 2022 | 19:39 WIB

Imlek 2022: Perbedaan Barongsai dan Liong
Barongsai beraksi menghibur pengunjung dalam pertunjukan bertajuk Yin Yang: Living in Harmony di Sea World Ancol, Jakarta, Jumat (12/2/2021). [ANTARA FOTO/Aprillio Akbar]

Imlek akan dirayakan pada 1 Februari 2022.

SuaraJogja.id - Perbedan Barongsai dan Liong apa saja? Sebab hal ini banyak ditanyakan, terlebih saat Hari Raya Imlek. Perayaan Imlek 2022 tidak lama lagi.

Imlek akan dirayakan pada 1 Februari 2022.

Liong dan Barongsai sering tampil bersamaan saat perayaan hari Imlek. Diiringi dengan musik khas yang tak kalah unik, tarian yang ditampilkan selalu berhasil memukau para penontonnya.

Tapi akan lebih seru jika Anda tahu perbedaan dua tokoh dalam pertunjukan ini bukan? Selain bentuknya, berikut beda barongsai dan liong.

Baca Juga: Waspada, 6 Wilayah di Kalbar Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Imlek sendiri adalah perayaan tahun baru Cina yang dirayakan secara rutin. Masyarakat Tionghoa yakin, bahwa perayaan ini merupakan sambutan pada tahun yang penuh berkah, kebijaksanaan, dan jauh dari musibah.

Maka tak heran setiap perayaan dan pertunjukan barongsai selalu dipadati pengunjung yang ingin menonton sekaligus merayakan pergantian tahun tersebut.

Barongsai adalah Dewa Singa yang digambarkan sebagai penguasa daratan. Tokoh ini dimainkan oleh dua orang, yang memegang bagian kepala dan bagian badan serta ekornya.

Biasanya dalam satu pertunjukan, terdapat beberapa barongsai yang turut tampil.

Muncul dengan berbagai warna dan ornamen, barongsai juga sering kali menjadi ‘agen’ dalam penerimaan angpao yang diberikan.

Baca Juga: Apa Beda Barongsai dan Liong? Tarian yang Selalu Muncul Saat Imlek

Atraksi di ketinggian dengan tiang-tiang pancang juga ditunjukkan, untuk menghibur siapa saja yang menyaksikannya.

Di sisi lain, Liong adalah hewan mitologi yang berbentuk naga yang bijak. Liong sendiri melambangkan Dewa Kebijaksanaan yang turun ke bumi saat pergantian tahun baru Cina, untuk memberikan petuah dan wejangan pada semua orang yang merayakan.

Liong ditampilkan dengan belasan hingga puluhan orang, tergantung panjang dari liong yang dibawa. Gerakan khasnya adalah meliuk-liuk indah, dari kepala hingga ke ujung ekornya.

Ukuran besar membuat liong tak pernah lepas dari pandangan penonton pertunjukan ini.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai beda barongsai dan liong yang bisa kami bagikan. Semoga dapat menjadi satu informasi yang berguna untuk Anda, dan selamat melaksanakan aktivitas Anda berikutnya!

(I Made Rendika Ardian)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait