facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Doa Lulus SNMPTN 2022, Ada 3 Bacaan dan Perlu Dibaca saat Sholat, Tahajud Hingga Turun Hujan, Insya Allah Ijabah

Pebriansyah Ariefana Selasa, 18 Januari 2022 | 11:24 WIB

Doa Lulus SNMPTN 2022, Ada 3 Bacaan dan Perlu Dibaca saat Sholat, Tahajud Hingga Turun Hujan, Insya Allah Ijabah
INFO SNMPTN 2022 (Screenshot LTMPT)

Dengan harapan setelah membaca doa ini selama proses belajar sampai pengumuman anda diberikan kemudahan dan hasil sesuai dengan keinginginan.

SuaraJogja.id - Doa lulus SNMPTN 2022 bisa kalian baca menjelang waktu-waktu tertentu agar doa Anda untuk lulus SNMPTN 2022 ijabah. Bagaimana doa lulus SNMPTN 2022? Kapan waktu yang tepat untuk membacanya?

Menyadur pada berbagai sumber, berikut adalah doa agar lulus SNMPTN. Dengan harapan setelah membaca doa ini selama proses belajar sampai pengumuman anda diberikan kemudahan dan hasil sesuai dengan keinginginan.

"Rabbi yassir wa a‘in wa lâ tu‘assir"

Artinya: “Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah [aku]. Jangan Kaupersulit,” (Imam An-Nawawi, awal Raudhatut Thalibin, Darul Fikr).

Baca Juga: Cara Lolos SNMPTN 2022 untuk Pelajar, Mungkin Dimulai dari Jangan Pilih dan Terburu-buru

"Allahumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlaa"

Artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah. (HR. Ibnu Hibban dari Anas bin Malik). Doa ini adalah salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW saat beliau sedang menghadapi kesusahan.

"Allahummanfa’ni bima ‘allamtani wa ‘allimni ma yanfa’uni wa zidni ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulli halin"

Artinya: Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan padaku. Berilah aku ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu padaku. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu.”

Membaca Doa Lulus SNMPTN 2022

Baca Juga: Jenis-jenis Doa Qunut, Pastikan Jangan Salah Baca

1. Saat Berbuka Puasa

Seperti yang kita ketahui bahwa berpuasa adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk didirikan, jangan lupa untuk berdoa pada saat berbuka puasa. “Sesungguhnya doa orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.” (HR. Ibnu Majah)

2. Saat Turun Hujan

Hujan adalah rezeki yang diturunkan Allah kepada setiap makhkuknya yang hidup di bumi, kita dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk berdoa agar lulus SNMPTN sesuai dengan “Dua doa yang tidak tertolak, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun” (HR. Hakim).

3. Setelah Azan dan Iqamah

Hal ini dijelaskan dalam riwayat Abu Dawud, Tirmidzi dan Ahmad bahwa rentang waktu antara adzan dan iqamah merupakan waktu yang tepat untuk memanjatkan doa.

4. Sepertiga Malam Terakhir

Seperti yang kita ketahui bahwa sholat tahajud adalah salah satu amalan yang dilakukan pada sepertiga malam terakhir, sepertiga malam terakhir adalah waktu yang paling tepat untuk memanjatkan hajat yang kita miliki. Hal ini dijelaskan dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim bagi siapapun yang berdoa pada waktu ini makan akan dikabulkan keinginannya.

5. Setelah Sholat 5 Waktu

Perlu anda ketahui bahwa setelah sholat 5 waktu adalah momen paling tepat untuk memanjaatkan keingingan, termasuk agar lulus SNMPTN. Jangan lupa untuk mendoakan orang tua dan membaca istighfar, karena orang tua adalah pintu keridhoan Allah.

Demikian doa lulus SNMPTN 2022.

(Dhea Alif Fatikha)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait